Kamis, 12 Januari 2012

obat batuk andalan keluarga

daun saga

batuk adalah penyakit (sebenernya sih bukan penyakit, ya. hanya mekanisme tubuh mengeluarkan kotoran di saluran napas) yang sering muncul di aneka musim. biasanya batuk ini muncul setelah flu mereda. bisa juga karena alergi. banyak sebab.

raihana dan khansa juga pernah batuk. raihana apalagi. minum es beberapa kali aja sudah langsung batuk-batuk.

saya biasanya tidak pernah langsung memberi anak obat batuk yang beredar di pasaran. yang pertama kali saya berikan ke anak-anak adalah obat batuk alami.

1. perasan jeruk nipis dicampur kecap. rasanya segar asam. ini cocok buat anak yang sudah agak besar dan lambungnya sudah kuat. jeruk nipis mengandung vitamin c yang tinggi, jadi mampu meningkatkan imunitas anak. saya beri ke anak sehari 3x

2. perasan daun saga. rasanya seperti mint. takarannya kira-kira tiga batang daun saga diperas pake tangan dicampur air matang 1  sendok makan saja. peras sampai air perasan berwarna hijau tua. lalu beri ke anak. ampas perasannya kadang dimakan oleh kakek. katanya, enak, sih.

3. perasan kencur. kencur dikupas dan dicuci sampai bersih. lalu, dikunyah-kunyah. kalau ini belum pernah saya berikan ke anak. baru saya aja yang makan ketika batuk. hasilnya, dahak semua keluar. kalau untuk anak-anak, kencur diparut halus lalu ambil airnya. airnya ini diminumkan ke anak. bisa dicampur dengan madu agar rasanya lebih enak.

Kalau batuknya dirasa sudah sangat mengganggu, saya buat obat lainnya:

- perasan daun kapuk. ini sangat bermanfaat banget buat saya yang kena asma. sifatnya membersihkan lendir/kotoran yang ada di dalam saluran nafas. cara membuatnya: petik sekitar 7 batang daun kapuk. cuci bersih. campur dengan air sekitar 1 gelas. peras hingga air berlendir dan berwarna hijau tua. rasanya seperti cincau. ketika diminum bikin adem paru-paru dan akhirnya mengurangi batuk.

ini dia obat batuk andalan keluarga kami!

gambar : dari sini

2 komentar:

  1. cari daun saga di mana cobaa?? kalo dah gini, kangen kampung dah :(

    BalasHapus