Senin, 12 Maret 2012

membuat MPASI HOMEMADE itu ternyata GAMPANG (1)!

jangan membayangkan bikin mpasi itu perlu modal besar, tenaga besar, waktu yang lama, peralatan yang banyak. nggak juga. hanya dengan modal panci buat kukus dan blender, waktu paling lama ya cuma buat ngukus aja sekitar 15 menit, aku bisa bikin aneka resep MPASI murah meriah dan yang jelas SEHAT.

tekadku, aku nggak mau anakku, khansa (8bln), makan MPASI kemasan itu. sejak mulai memasuki 6 bulan, aku mulai hunting tepung gasol. lalu ngumpulin resep2 MPASI homemade. 

bulan pertama, khansa aku kasih sari buah aja (jeruk, pepaya, jambu kelutuk, apel, dll). buahnya ada yang dikukus dulu, ada yang langsung diblender dan disaring. lalu dua minggu berikutnya diselingi bubur tepung gasol. bikinnya juga nggak susah. hanya tuang tiga sendok makan tepung, beri air secukupnya, lalu dimasak sampai kental. ga pake lama. 

aku coba yang beras merah, kacang ijo, dan jagung. ternyata kalau dikasih bubur tepung kacang ijo, bab khansa agak keras. rasa bubur tepung jagungnya agak pahit jadi kurang suka si khansa.

bosan tepung-tepungan sekarang aku buat MPASI dari sayur-sayuran. campuran antara kentang, wortel, buncis, bayam, jagung manis, kadang daun sawi, labu parang, dll. aku baru membuat kombinasi dua jenis sayur saja. semua dikukus, lalu diblender. selesai.

SATU HAL YANG PENTING: SEMUA TIDAK PAKAI GULA DAN GARAM agar anak mengenal langsung rasa alami makanannya. rasanya enak loh. aku aja suka (maklum emaknya doyan makan).

tadi pagi aku kasih si dedek campuran kentang dan jagung manis. Hmmm, rasanya gurih dan manis. jadi jangan takut anyep. 

kombinasi dengan sumber protein hewani belum aku coba. soalnya lagi liat2 isi kantong dulu nih. hehehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar