Senin, 28 Desember 2009

umi....

"umi... ini apa?"

"umi... ini beli di mana?"

"umi... nanti beli lagi ya...."

"umi... lagi ngapain?"

"umi... nenen mi... sebentar aja deeh... janji...."

"umi... tolong bikinin susu dong!"

de el el ....

uminya udah mulai pusing menghadapi celotehannya raihana....
uminya udah nggak boleh diam aja bila si raihana menanyakan sesuatu.
uminya udah nggak boleh cuekin raihana... klo raihana dicuekin, dia akan protes beraaaaaaat!

cepet besar ya nak!

Senin, 07 Desember 2009

umi, atu pinten....

menginjak usianya yang ke-2 ini, raihana tampaknya ingin sekali berusaha mandiri. apa2 maunya dikerjakan sendiri. dari pake baju, pake celana, pake/lepas sepatu... trs makan, pegang gunting... mandi... bahkan pipis. tentu saja aku senang melihatnya.

sebagai salah satu pemacu semangat, aku selalu memujinya dengan perkataan, "raihana pinter deh", "hebaat", "kereeen"... de el el setiap dia berhasil mengerjakan sendiri kegiatannya walo nggak sempurna2 banget sih. makannya aja masih belepotan ke mana2, pake celana masih suka salah masukin kaki. masak dua kakinya dimasukin semua ke salah satu lubang celananya... ya ga bs jalan dunk. pake baju juga masih suka asal masuk ajah. ya, namanya lagi belajar ya....

mungkin karena aku selalu muji dia setiap selesai melakukan suatu kegiatan, raihana kini suka memuji dirinya sendiri.

misalnya saja, untuk melatih dia pipis/BAB di kamar mandi, aku selalu mengatakan kepadanya, "raihana, kalau pipis di kamar mandi nanti umi cium ya, klo pipis di lantai, umi cubit ya" (cubitnya boongan loh nggak sampe sakit gt kok. lagi pula tujuan lainnya untuk menjelaskan bahwa ada konsekuensi dari setiap perbuatan). dan ya konsisten aja setiap dia berhasil pipis di kamar mandi, aku cium dia sambil bilang, "raihana pinter deh"

atau ketika aku berusaha menyapihnya perlahan2... aku selalu bilang, "nenennya sebentar aja ya, kasian dedek bayinya ntar nggak kebagian... (sambil sounding2 mo ada dedek ke raihana sih). raihana kan pinter ya... kalo lama nanti umi kelitikin nih." (dan benar, aku kelitikin aja dia klo nenenya lama. jadi deh raihana nenen sambil jumpalitan kegelian. ini juga dalam rangka punishment.. hiks...)

kini, setiap dia sukses pipis di kamar mandi, atau nenen sebenar aja, atau keberhasilan2 lainnya....dia akan langsung berujar, "umiii... atu pinten yaaa!" (umi, aku pinter ya)

hihihi... aku pun membalasnya dengan mengangguk mengiyakan dengan pandangan penuh rasa bangga!

Jumat, 04 Desember 2009

modem baru

di awal bulan nov lalu, suamiku membeli modem SpeedUp dengan operatornya telkomflash. harganya sedang turun beberapa ratus ribu saat itu. belinya di pameran komputer lalu di JCC. ini lagi menikmati 6 bulan gratis inetan.

kecepatan lumayan kenceng dengan 7.2 Mbps/s. lumayan kan? apalagi klo pake yg pascabayar ya.... kapan2 deh. minimal 6 bulan lagi.

karena kartu yang dipakai masih prabayar, ternyata ngaruh juga ya di masa aktif kartu. masa aktifnya abis ya nggak bs konek deh. mau beli pulsa kok males banget. mo beli yg elektrik nggak apal nomor hpnya. mo migrasi ke pasca, masih sayang ama masa gretongnya.

solusinya ya.... CEPETAN BELI PULSANYA DONG BIIIIIII................

Rabu, 25 November 2009

met milad anakku!

Lilypie Kids birthday Ticker


alhamdulilah, sudah dua tahun usiamu, nak. tak terasa waktu berjalan begitu cepat. umi masih teringat bagaimana rasanya ketika melahirkan dirimu. umi masih ingat bagaimana umi langsung jatuh hati melihat dirimu sesaat setelah dikeluarkan dari rahim umi. hidung yang mancung, kulit bersih, bibir yang merah muda, dagu lancip... kamu begitu cantik.

umi masih ingat bagaimana perjuangan umi memberikanmu ASI. walo umi nggak bisa memenuhi hakmu secara sempurna, tapi sampai sekarang kamu masih bisa nempel di nenen umi.
umi masih ingat ketika bulan2 pertama kelahiranmu yang membuat umi begitu snewen... pernah umi marah kepadamu karena umi merasa kebebasan umi terenggut olehmu. tapi umi segera sadar, bahwa memilikimu adalah anugerah yang tak terhingga. tak peduli umi jadi kehilangan masa2 "bebas" dulu.

melihatmu tumbuh berkembang sampai saat ini adalah hal yang paling berharga.
engkaulah milik umi yang paling berharga. melihat wajahmu, candamu, tangismu, tingkahmu, celotehmu, membuat umi bahagia dan kangen melulu. kamu tentu tau ya komputer umi di kantor penuh dengan foto2 lucumu.

raihana putri rahmani yang umi sayangi. selamat milad. Ya ALLAH indungilah raihana dari segala marabahaya. jagalah ia agar selalu sehat lahir dan batin. jadikanlah ia anak yang salehah, berbakti kepada orang tua, menjadi anak yang pintar, bermanfaat bagi agama dan negara....

amieen....

Jumat, 20 November 2009

"bersiap-siap"



bila melihat ticker ini.... melihat keterangan waktunya.... membuatku flashback ke peristiwa itu. peristiwa mengikat janji. sebuah akad. membuat komitmen untuk selalu bersama dalam suka dan duka.

angka2 tersebut mengandung arti: sudah 2 tahun yang lalu, raihana lahir. setelah 8 bulan dalam kandungan. kami hanya dapet bonus kurang lebih 2 bulan untuk hanimun. lalu, hari2 dilewati dengan penuh canda tawa.... walau ada ganjalan, tak lama dia menghadang. karena kami menghadapinya dengan iman.

kini, kami sedang mempersiapkan "pendatang baru".
alhamdulillah, aku sudah siapkan mental untuk menghadapi apa pun yang terjadi ke depannya. padahal beberapa waktu lalu, aku masih dibayang-bayangi trauma.

alhamdulillah, suamiku dengan sabar mengobati traumaku.
trima kasih ya, abang cayang....


semoga ALLAH memudahkan semua urusannya. amien.

Selasa, 17 November 2009

nggak mau!

"raihana, kita mandi yuuuk!"
"nggak maooo!"

"nak, makan dulu nih."
"nggak mau!"

"rai, bobo yuk!"
"nggak mao!"

"yuuk, jangan lupa diberesin maennya!"
"nggak maooo!"

"pake celananya dulu niiiih!"
"nggak mauuu!"

"raihana mau kue nggak?"
"nggak mauu!"

"raihana ke sini sebentar deh."
"nggak mau!"

"raihana mau ikut ke rumah mbah ga?"
"nggak mau!"

de el el......

^#^*#*^&@*()@*&$&@^%

sabaaaaaaaaaaaaaaar........

Senin, 19 Oktober 2009

dua tahun kurang satu bulan

pa kabar mper's semua?
nggak terasa nih, anakku bulan depan genap dua tahun. apa aja yang baru dari perkembangannya raihana?

1. nyanyiannya yg bs dinyanyikan sampe full udah beberapa lagu: cicak2 di dinding, naik kereta api, pemandangan alam, pelangi, burung kakak tua, burung kutilang, kulihat awan, tik tik tik bunyi hujan.
2. makin doyan nenen sampe bingung mau disapihnya. jadi masih maju mundur nih proses penyapihannya.
3. udah bisa menceritakan kembali apa yg telah terjadi. misalnya, abis jatoh di mana, kena apa... mana yg sakit.
4. udah bisa pamer... klo sedang senang terhadap sesuatu atau bisa melakukan sesuatu, dia akan mencari abinya untuk cerita.
5. klo naek motor dah minta duduk di depan. sampe2 emaknya ini khawatir banget ngeliatnya. abinya sih nyantai aja.
6. klo soal disiplin (nyontek postingannya bunda aya), raihana dah bs bilang klo mau pipis. dah bisa ke kamar mandi sendiri, buka celana sendiri tapi blm bs pake celana sendiri (walo suka kebobolan juga sih. dah kebelet kali ya nak).
7. bobonya masih suka ngacak2. yg pasti baru bobo klo dah ngantuk beneran. raihana agak susah bobonya. jadi sekarang agendaku lagi membiasakan dia supaya bobo dengan sendirinya tanpa harus digarukin punggungnya, atau sambil nenen. tapi klo kebiasaannya tidur sambil dipeluk sama aku, blm bisa aku hilangkan. soale aku juga sih yg demen meluk2 raihana sampe dia bobo.
8. jam makan udah rapi (berkat neneknya nih yg rajin ngasih makan. hehehe. klo aku hanya nyiapin sarapannya aja).
9. semakin suka melakukan apapun sendiri tanpa mau dibantu.
10. mandi dah bs cebar-cebur sendiri. tapi sabunan tetap aku. klo dia sendiri yg sabunan mana bersih....
11. baru mau gosok gigi ketika dikasih gelas air untuk kumur2. air matang tentunya ya.
12. apa lagi ya.....

sehat selalu ya nak.

Jumat, 09 Oktober 2009

bangun tiduuur.. tidur lageee

hhhmm... enak kali ya bisa syantai seperti itu! bangun tidur.. shalat subuuh... lalu tidur lagiiiii hehehe. bangun2 siang tinggal makan, shalat zuhur... trs tidur lageee.... de es te.

tapi jujur aja, waktu jomblo lalu pernah loh aku menjalankan rutinitas seperti itu. walo nggak tiap hari. biasanya di hari minggu seperti itu. setelah sepekan penuh bekerja, rasa cape bs sedikit hilang dengan syantai2 seperti itu. waktu awal2 nikah jg bs seperti itu. malah lebih enak lagi ada yg nemenin. hehe.

tapi setelah ada raihana, tentu saja aktivitas seperti itu hanyalah kenangan saja. cuma bs mimpi hehehe. yang ada, walo mata masih sepet, badan masih ngilu2, abis subuh harus segera bangun! belanja, masak, beres2 rumah, mandiin anak, ngasih makan anak... trs mengikuti segala gerak anak yang lagi aktif2nya. nggak peduli itu hari weekend! bahkan, sehabis weekend biasanya lebih capek dibanding capeknya bekerja dari senin-jumat/sabtu. oleh karena itu, hari senin adalah hari yang paling menyebalkan buatku. nikmatnya weekend bagiku salah satunya adalah bisa bangun lebih siang, nggak diburu2 waktu. jadi waktu masak, de el el... bisa lebih syantai. tapi tentu saja tidak bs tidur lageee! bahkan di kala raihana tidur pulas pun di siang harinya, aku suka nggak bs ikutan tidur. selain nggak cocok jam ngantuknya, kerjaan masih ada yg belum beres.

ketika ngantuk tiba... eh, si raihana malah lagi seger2nya maen. maklum, abis di-cas waktu tidur tadi.. alhasil, rasa kantuk adalah sahabat bagi ibu2 sepertiku.

tapi, walo capek, walo ngantuk.... saat2 yang paling menyenangkan tetaplah ketika bersama keluarga!!! bersama raihana dan abinya yang lucuuu!

Jumat, 02 Oktober 2009

nasib (alondo) F1-ku....

untuk sesi tahun ini, 2009, aku sama sekali males nonton F1. beda ama dulu yang begitu dibela2in deh nonton.

ada beberapa alasan sih yang bikin males.
1. waktu nonton dah ga semopat lagi karena ada bocah.
2. regulasi f1 yang makin aneh bikin f1 jadi kurang gregetnya. membosankan.
3. jagoanku kalah mulu... hiks.

tapi beberapa hari lalu, menjelang habisnya musim tahun ini... ada kabar mengejutkan dari F1. Alonso bakalan gabung ke ferarri! wah, apa jadinya balapan tahun depan ya?

seperti yang kita ketahui, alonso adalah pembalap berbakat yang udah dua kali jadi juara dunia. juara dunianya ketika schummy masih ada loh! ingat, mempu mengalahkan schummy adalah sebuah hal yang luar biasa mengingat reputasi si raja F1 ini yang udah 7 kali jadi juara dunia berturut2. mengalahkan dominasi itu sesuatu hal yang lebih keren!

saat itu mobil yang dikendarainya mendukung banget aksinya. ferarri aja sampe keok.

menurunnya prestasi alonso di tahun2 lalu adalah disebabkan dia berada di tempat yang tidak tepat. saat itu doi hijrah ke mclaren. awalnya bakalan makin berjaya nih jagoanku. ternyata dia malah harus mendapatkan rival dari timnya sendiri.

merasa tidak diperlakukan adil oleh tim mclaren membuatnya pindah kembali ke timnya yg lama. di musim ini regulasi yang diterapkan tidak mendukung performanya sama sekali. alhasil alonso keok, dan urutan klasemennya hanya berada di sekitar papan tengah saja. sinarnya pun redup....

tahun depan adalah kesempatan yang bagus untuknya membuktikan diri sebagai pembalap yang berbakat mengalahkan hamilton dan raikonen yang tahun depan malah berkumpul menjadi satu tim. ya, hamilton dan raikonen sama2 di tim mclaren. entah apa tuh jadinya. bakalan ada rivalitas lagi ga tuh di tim itu.

semoga tahun depan alonso mendapatkan mobil yang kompetitif dan mendukung upayanya mengejar juara dunia yang ketiga kalinya.

world champion : right driver + right car

kira2 aku bisa nonton lagi ga ya tahun depaaan????

tafsir fi zhilal qur'an

Tafsir ini telah menjadi rujukan berjuta-juta umat Islam dan bahkan oleh para ulama sendiri di seluruh penjuru dunia.

Kelebihan tafsir ini antara lain:

1. membawa kita tenggelam sambil menyelami ilmu dan hikmah yang ada di dalam Al-Qur’an dengan penuh kenikmatan yang tidak mungkin digambarkan dengan kata-kata.
2. mengikat dan merajut ayat-ayat Al-Qur’an dengan Hadits Rasul Saw. serta Sirah Nabawiyah dan para Sahabatnya, kemudian dikaitkan dengan sitausi dan kondisi kekinian (waqi’).
3. Kekuatan membangkitkan keyakinan (keimanan), optimisme pada rahmat dan pertolongan Allah dan rasa percaya diri sebagai umat terbaik yang Allah hadirkan ke atas bumi ini.
4. menggugah pikiran dan perasaan kita sehingga muncul berbagai inspirasi, ide, gagasan dan berbagai pertanyaan yang paralel dengan situasi dan kondisi yang kita lewati sekarang, sehingga kita memahami dengan tepat situasi dan kondisi tersebut dengan ide solusi yang jelas pula.
5. pencerahan yang luar biasa terkait hakikat Tuhan, manusia, kehidupan dunia, alam semesta, kehidupan akhirat, jahiliyah dan Islam.
6. penelaahan yang sangat luar biasa dalam hal hakikat Islam dan Jahiliyah, iman dan kufur, serta keunggulan manhaj (konsep) Islam dibandingkan dengan konsep jahiliyah, baik dulu maupun yang ada sekarang yang datang dari Barat maupun Timur.
7. bahasa yang digunakan karena Sayyid Qutb memang terkenal sebagai seorang penyair kawakan di zamannya dan bahkan beberapa syairnya sampai hari ini belum terkalahkan.

Ada banyak penerbit yang mencetak tafsir ini. Namun, terbitan dari Rabbani Press memiliki keunggulan dalam segi penerjemahannya yang lebih ringkas, menggunakan bahasa yang lebih mudah dipahami, dan memiliki "ruh" dakwah. banyak aktivis dakwah yang lebih memilih tafsir terbitan Rabbani ini.

Kini, Rabbani Press telah menerbitkannya dalam edisi lengkap! Harga satu set: Rp. 1.627.000,-

Sekalian promosi: ada diskon menarik dan siap diantar untuk wilayah jabodetabek bagi yang berminat memilikinya. Silakan hubungi: Rakhmat Sadikin. HP: 021-70686610

eksploitasi korban gempa di televisi

setelah beberapa kali terjadi bencana alam, baru kali ini aku melihat tayang yang sepertinya kok malah mengeksploitasi penderitaan saudara kita di padang ya? terutama berita yang aku tonton tadi malam di salah satu stasiun televisi swasta.

saat itu sedang dilakukan evakuasi korban yang diperkirakan masih tertimbun di hotel ambacang. para relawan, tim sar, tni, warga, dokter2 lagi sibuk bekerja. kondisi hotel itu memang rusak parah.

nah, ada salah satu reporter tivi yang sibuk mewawancarai tim evakuasi ini. memang sih ceritanya tivi ini ingin meliput detik2 penyelamatan korban yang diperkirakan masih hidup di hotel itu berdasarkan laporan dari pihak keluarga korban bahwa ada sms yang masuk memberitahu di mana lokasi korban berada. tapi pemberitaan yang begitu dekat dengan lokasi, penayangan yang begitu detil tentang proses evakuasi ini, wawancara sana wawancara sini, kok malah membuatku terganggu melihatnya.

spontan saja aku berpikir, kok berlebihan banget ya beritanya.... lebay gitu kata orang. keberadaan reporter itu menurutku malah mengganggu proses evakuasi itu. tim evakuasi jadi nggak konsen, jadi pada banci kamera ya? ini subyektivitas aku aja sih. akhirnya karena nggak tahan liatnya, aku ganti channel aja.

belum lagi penayangan yang begitu dekat ke arah korban2 yang meninggal ketika diangkat dari lokasi. aku kira itu kurang layak ditonton. belum lagi pemutaran saat2 gempa yang diulang2 melulu.

lalu kemudian, setiap stasiun televisi berlomba2 membuka rekening amal. bagus sih. ini menandakan simpati yang mendalam untuk korban gempa. tapi pertanyaan berikutnya, apakah bantuan itu benar2 tersalurkan dengan tepat sasaran? klo iya, kasih tau dong liputan penyerahan bantuan itu. ironisnya, dari beberapa berita yang aku baca di media online, banyak sekali korban gempa yang mempertanyakan kemana itu bantuan kok belom sampe ke mereka???

aku harap... penderitaan saudara kita yang tertimba musibah janganlah terlalu dieksploitasi hanya untuk kepentingan bisnis (rating) atau bahkan kepentingan pribadi semata. mohon jangan disalahgunakan.

Selasa, 15 September 2009

nasib KPK-ku kini,,,,

perkembangan kasus kpk dengan polri ini membuat hati menjadi kebat-kebit. bagaimana akhir dari cerita ini ya? demikian kentalnya nuansa persaingan antar lembaga hukum negara (kejagung, polri, dan kpk), isu adanya upaya pengerdilan kpk, diamnya pak sby terhadap kasus ini.

muncul dalam hatiku. ada apa sebenarnya ini? ya, aku hanyalah penduduk indonesia biasa yang cuma bisa mengikuti perkembangan dengan membaca berita2. aku tidak tahu mana yang benar mana yang salah.

kondisi kisruh ini ditakutkan malah dimanfaatkan oleh mafia2 dan penjahat2 korupsi yang masih bergentayangan. ketiganya malah akan mendapatkan imej buruk dan tidak mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. bila tidak ada lembaga hukum yang dianggap wibawa oleh masyarakat, bagaimana jadinya nanti? takutnya malah hukum rimba yang berlaku di negeri ini. gaswat kan.

tapi sebagai rakyat biasa, dengan melihat sepak terjang kpk selama ini, tentu aku mengatakan salut kepada kpk. kpk aku anggap berhasil memberangus sarang-sarang korupsi di negeri ini. tentu saja sepak terjangnya ini membuat beberapa kalangan waswas dan menjadi kurang suka terhadap kpk. belum lagi isu iri-irian terhadap fasilitas dan wewenang yang dimilili kpk.

dari berita aku tahu berapa gaji para pimpinan dan karyawan kpk dan berapa gaji polri dan kejagung. memang begitu jauh jaraknya. namun tentu dapat dimaklumi mengapa kpk mendapatkan gaji yang begitu besar. alasannya agar bisa bekerja maksimal dan tidak tergiur suap atau korupsi. bisa dilihat kan bagaimana kondisi pekerja di negara ini. gaji minim rawan terjadinya penyelewengan. maklum, urusan perut tentu akan selalu meminta perhatian lebih. nah, apabila ada pegawai yang sudah mendapat gaji besar, tapi tetep korupsi, ini dia mental yang menjadi ganjalan pemberantasan korupsi di indonesia. oknum2 ini yang harus diperiksa, ditangkap, dihukum seberat2nya.

bagaimana dengan pegawai yang gajinya rendah terlibat korupsi? ini wajar sih. ehehe. namanya tuntutan hidup zaman sekarang nggak murah lagi. banyak yang nggak akan kuat dengan godaan itu.

kembali ke masalah kpk. agar memimalkan rasa iri, ada baiknya pemerintah juga berlaku adil. berikan gaji besar kepada lembaga2 hukum agar tidak tergoda suap menyuap.

sebenernya tiga lembaga ini bisa saling mengisi tanpa harus saling senggol menyenggol. tinggal bagi saja wilayah kerjanya. khusus korupsi biar kpk yang beraksi. untuk kejahatan lain barulah polri dan kejagung yang menangani. fasilitas disesuaikan seadil2nya. lalu masing2 lembaga bisa melakukan koordinasi dalam menjalankan tugasnya. jauhi mental korupsi dan buktikan bahwa lembaganya itu bersih dengan memperlihatkan perilaku yang bersih dari pejabat dan pegawai di dalamnya.

betul ga seperti itu? insya ALLAH, semua akan mendapatkan imej yang bagus di mata masyarakat indonesia. bagaimana?

Senin, 14 September 2009

tips toilet training raihana

sekadar share aja ya....

Ceritanya dalam sebulan terakhir ini aku baru aja sedang melatih toilet training ke raihana. Kalau anak2 yang lain mungkin sudah lebih awal mendapatkan toilet training. Tapi nggak ada kata terlambat kan? Pertimbangannya aku baru memulai sekarang salah satunya, karena raihana sudah bs diajak berkomunikasi dan sudah bs mengutarakan keinginannya. Jadi lebih mudah bagiku. Kalau dimulai sebelum2nya, aku merasa belum sanggup. Apalagi aku ini bekerja sehingga setiap harinya raihana lebih banyak menghabiskan waktu bersama kakek neneknya. Untuk konsisten itu yang sulit.

Tapi melatihnya sekarang2 ini juga nggak mudah. Belum lagi mengajak kakak nenek raihana agar bs kompak denganku. Susah banget loh. Perlu kesabaran dan terus mengingatkan kakek nenek dengan cara yang halus dan mudah dipahami. Tapi alhamdulillah, usahaku mendapatkan hasil.

Pertama, kita harus jeli mengamati waktu2 si anak BAK/BAB. Trial and error deh. Setiap anak beda polanya mungkin ya. Kita sebagai ibulah yang paling paham anaknya masing2. raihana itu biasanya kalau malam pipis ketika selesai minum susu, ketika bangun tiba2 dari tidurnya (mendusin). kalau siang harinya suka nggak jelas tuh. Kapan aja bs pipis. Karena nggak tau kapan pipisnya, aku selalu bertanya ke raihana, “mau pipis nggak? Yuk, ke kamar mandi!” Kalau emang nggak mau pipis, dia akan bilang “nggak” atau “udah”. Tapi kalau iya, dia akan segera mengikuti aku ke kamar mandi.

Kalau raihana mendusin dari tidurnya, aku tanya dulu raihana mau pipis apa nggak. Pokoe klo dia bilang nggak, aku nggak maksa ke kamar mandi. Pernah suatu hari, ketika dia mendusin, aku langsung gendong ke kamar mandi. Takutnya raihana pipis di tempat tidur. Hasilnya, raihana jerit2 nangis nolak nggak mau. Dan ternyata emang nggak mau. Jadi ya, aku harus rajin bertanya ke raihana mau pipis apa nggak.

Ketika si anak berhasil pipis di kamar mandi, jangan ragu untuk memberinya pujian dengan rasa penuh takjub. Seringnya sih saat raihana sukses pipis di kamar mandi, aku selalu bilang, “Wow, anak umi hebat, ya! Pipisnya di kamar mandi! Kereeeen!” de el el.

Untuk BAB masih suka kebablasan aku. Seringnya dah keluar duluan di celana. Yang ini buat peer deh. Aku musti cari cara yang lebih jitu.

Nah kemarin, ketika raihana lagi asyik menggambar, aku coba selipkan ajakan untuk selalu pipis dan BAB di kamar mandi. Caranya dengan menggambar cerita. Ada gambar umi, abi, raihana, kakek, nenek dengan situasi bermacam-macam.

Pertamanya aku bikin gambar dengan adegan abi, umi, dan raihana sedang di depan rumah. Ceritanya mau jalan2. trus, aku bikin gambar jalanan, pohon cemara, gunung, rel kereta api…. Matahari, awan. Untuk lebih serunya lagi, dalam cerita itu aku selipkan nyanyian. Tatkala ketemu pohon cemara, aku nyanyi burung kutilang yang ada di atas pohon cemara, ketemu rel kereta api, nyanyi naik kereta api. Raihana juga ikutan nyanyi loh. Trus, ceritanya udah malam nih. Aku gambar bulan dan bintang, lalu nyanyi dulu. Di cerita itu aku bilang kalau raihana sebelum tidur selalu cuci kaki, cuci tangan, gosok gigi, dan tak lupa pipis dulu ke kamar mandi. Raihana antusias sekali menyimak ceritaku. Lalu dia minta digambarin kamar mandi. Ya udah deh aku bikinin kamar mandi, ember, dan raihana lagi jongkok pipis. Akhir cerita semuanya bobo deh.

Eh, tak disangka beberapa jam setelahnya, raihana minta ke kamar mandi. “Umi, mau pipis,” katanya. Trus di kamar mandi minta sikat gigi, odol. Abis itu jongkok dia. Pipis deh. Trus cuci tangan cuci kaki. Hehehehe.

Ternyata ceritaku berhasil. Alhamdulillah. Nggak percuma bibir ini sampe dower ngoceh mulu.

Begitu deh tips dariku. Semoga bermanfaat.

Minggu, 06 September 2009

Rabu, 02 September 2009

suatu ketika....

"ayo raihana, mau kue pisang ga?"
"picang apa?"
"pisang yang dibikin kue."
"kue apa?"
"kue pisang enak sekali"
"enak apa?"
"enak dimakannya"
"makan apa?"
"makan kue pisang....."
"picang apa?"

................ kehabisan kata2.............

backsound: suara pakde budi lagi cekikikaaan....

Selasa, 01 September 2009

mau dong...

sekarang ada tambahan kata baru dari raihana di setiap akhir ucapannya.
apa itu? ya itu... dong hehe. contoh:

"abi cakep ga, hana?"
"cacep, dong"

"hana lagi ngapain?"
"lagi gamban, dong" (gamban = gambar, belon bisa ngomong "r")

de el el... de el el.....

belum lagi pertanyaan-pertanyaannya yg makin banyak... contoh kemaren malem listrik mati gara2 ada kucing lewat langit2 dan meruntuhkan eternit di ruangan tamu adek iparku (yg rumahnya berdempetan ama rumahku dan sambungan listriknya masih menyatu ke rumahku yg jadi bangunan induknya). kabel2 pun menjuntai. otomatis semua gelap. si raihana agak takut sih sama gelap.. langsung jerit dan minta digendong. aku ajak keluar rumah aja yang agak terang karena lampu dari rumah tetangga. dan dari teras terlihatlah betapa berantakannya ruang tamu adik iparku itu. raihana seperti biasa bertanya, "umi, apa?" sambil nunjuk kabel2 itu...

"itu kabel, nak."
"kabel apa?"
"kabel buat aliran listrik."
"cicik apa?" (listrik maksudnya)
"listrik itu yang buat menyalakan lampu. tuh lampunya kan mati karena nggak ada listriknya."
..... diem sejenak tuh anak... masih mikir kali ya... hihihi.

dan setiap aku ajak ke dalam dia tetep ga mau. maunya masuk ke ruang tamu adik iparku sambil nunjuk2 kabel2 itu. akhirnya baru mau masuk setelah si abi menyalakan lilin. raihana suka banget liat lilin menyala. di kamar tidur yang remang2 dengan sinar lilin, raihana kegirangan.

yang laki2 semua sibuk ngeberesin kabel dan mengusahakan listrik hidup lagi. katika lampu sudah menyala... raihana pun teriaaak...

"holeee.... lampu nyalaaaaa!"

Selasa, 18 Agustus 2009

pertanda apakah

bulan ini aku deg2an lagi....

pertanda 1: tadi baru aja nimbang badan tiba2 angkanya menunjuk angka 45 kg! jarang2 aku bisa mencapai berat segitu. biasanya kisaran 40-41 kg ajah.

pertanda 2: memang di masa menyusui ini aku gampang lapernya. tapi biasanya tuh makanan nggak lama2 ngendon di badan. berat badan nggak nambah2 walo makan banyak. belakangan ini kok badanku makin "berisi" ya? dan itu dibuktikan dengan bertambahnya angka di timbangan.

pertanda 3: pekan kemarin aku mimpi hamil lagi...

pertanda 4: aku kok uring2an mulu yah kerjaannya. moodnya labil banget. kenapa ya? yang jadi korban si kecil dan suamiku nih. maapkan daku yaaah....

pikiranku kini mengerucut pada satu kesimpulan. pembuktiannya nanti kita lihat selewat tanggal 20 ini....

kalau itu benar berarti....
kalau itu salah berarti....

Senin, 10 Agustus 2009

[indesign] menduakan corel...

setelah bertahun2 melayout buku2 anak dengan corel.. kini akhirnya daku berpaling hati ke indesign. corel tak lagi kugunakan untuk melayout buku2 anak yang biasanya fullcolor. i am sorry ye corel... i have to say goodbye for you! hiks hiks...

biasanya indesign aku gunakan untuk melayout buku umum saja. buku yang tebal dan biasanya hanya BW ajah. tapi di awal tahun ini aku cobe bereksperimen mengerjakan layout buku anak di indesign... hasilnya: what a wonderfull experience! ternyata lebih mudah dan gampaaaang banget... huhuhu! kenapa nggak dari dulu aje yeee!!!! jadi aku nggak perlu mengeluh lamanya buka file karena beratnya file akibat import-an gambar2 yang kebanyakan berbentuk psd. asal tau saja, import gambar dengan bentuk psd itu bikin lemot file corel. makin banyak gambar yg diimport makin lemoooot.. apalagi klo spek komputer yang digunakan kurang mendukung. alamat buka file or setiap ngerjain satu step nunggunya bakalan bisa sambil tidur or mandi kale...

kelebihan utama bikin layout buku full gambar di indesign:

  1. ukuran file nggak begitu gede walo gambarnya seabreg2. tapi ada sih yg bikin berat. klo bentuknya tiff. itu kadang suka bikin berat. kalo yg lain jarang bikin berat file.
  2. bikin nomor halaman bisa otomatis. tidak seperti corel yg musti manual semua yg bikin jari keriput.
  3. bikin montasan juga bisa otomatis.
  4. bisa bikin paragraph styles.
  5. bisa bikin master page
  6. bisa dibikin pdf yg lebih ringan. cepet lagi nggak lama kayak corel.
  7. jarang eror like corel ARM yang bikin bete....
  8. kesamaannya bisa dipackage kayak di corel. tapi kelebihan indi: nggak cuma font yang ngikut. semua link gambar juga bs ngikut otomastis.
  9. waktu pengerjaan lebih singkat.
  10. dan kemudahan2 lainnya....
sekadar catatan ajah. pengerjaan di corel akan lebih efektif klo semua unsur di dalamnya hanyalah vektor. so... i lop yu full indi!

Kamis, 06 Agustus 2009

Cagar Alam-Perumnas PP

selama aku kerja, raihana aku titipkan ke neneknya. dalam proses serah terimanya setiap pagi, ada pertanyaan yang wajib dijawab olehku. di antaranya:
1. sudah mandi?
2. sudah makan pagi?
3. ada gigitan nyamuk?
4. ada luka?

klo jawaban 1 dan dua adalah sudah dan jawaban 3 dan 4 tidak ada... legalah hati si emak.

beginilah klo nenek sayang banget ke cucu. ada gigitan nyamuk dikit di muka cucu, langsung emaknya yang disalahkan. padahal tuh nyamuk ada di mana2 kan. bs jadi kenanya nggak di rumah cagar alam. hehehe.

aku selalu mengusahakan agar ketika si raihana sampe ke rumah nenek, semua sudah rapi. raihana sudah mandi dan makan pagi. biar si bocah bs langsung maen. nenek pun nggak perlu terlalu repot.

pulangnya, giliran si emak sudah menerima raihana dalam keadaan rapi. udah mandi sore dan makan sore. pulang tinggal maen dan bobo.

karena udah capek di tempat kerjaan, acara maen raihana di rumah nggak begitu maksimal. gara2 si emak dan abi lebih suka raihana lekas bobo. padahal tuh anak masih doyan maen. akhirnya ya dikuat2in deh si emak menghadapi si bocah. ada aja lagi yang dilakukan si bocah. ngajak maen kuda2an lah... (ugh... pinggang umiiii), minta digambarin mulu (padahal mata udah sepet banget), maen susun lego... de el el. nggak ngeh kali ya klo umi abi lagi capek. yah, namanya juga masih kecil.

belum lagi klo ngapa2in maunya sama umi. dipakein celana maunya sama umi, bikin susu maunya sama umi, maen maunya sama umi, minta air putih maunya sama umi, mau maen ke rumah uwak maunya sama umi. maen gambar2 maunya sama umi. baca buku maunya sama umi. semua serba sama umi, abi nggak laku. hehehe.

aku sebisa mungkin bersabar menuruti maunya. maklumlah, seharian ga ketemu. giliran ketemu nggak mau uminya ngilang sejenak.

yang terbaru dari raihana adalah dia juga udah bisa jawab pertanyaan orang laen dengan kreasinya sendiri, walo lafalnya masih agak cadel. pernah suatu hari, kami pulang udah agak malam. uwak di sebelah rumah mau ngajakin raihana maen. dipanggillah raihana....

"hana... maen sini yuk..."
"ana mobobo dulu yaaa, waaaak...."
aku yang lagi beres2 barang bawaan bengong sejenak mendengarnya.... si uwak langsung ketawa... "iya dehh.. bobo dulu ya hana... capek ya abis kerja...."

atau suatu ketika raihana diajak maen sama anak tetangga. saat itu aku baru aja mau nyuapin makan sore. si raihana menjawab...

"ana jaji mamam dulu yaa...."

hihihi... dah pinter jawab kamu ya nak....

Senin, 03 Agustus 2009

ini bukan dakwah... jika....

copas dari MP tetangga:

Ini bukan dakwah, jika apa yang kita sebut kerja dakwah membuat kita lupa tilawah satu juz per hari, beralasan terlalu letih dengan semua aktivitas. Sedang kau tahu kekuatanmu bergerak berasal dari tilawahmu.

Ini bukan dakwah, jika apa yang kita selalu teriakkan -dengan lantang itu- membuat kita selalu terburu-buru lakukan shalat rawatib, bahkan tidak mengerjakannya dengan alasan rawatib hanya sebuah amalan sunnah. Padahal shalat rawatib bisa menutupi banyak ketidakkhusyukan, “diskusi-diskusi” di kepalamu pada saat melakukan shalat-shalat fardlumu. Menyempurnakannya. Kau tahu tapi kau remehkannya.

Ini bukan dakwah, jika apa yang selalu kita serukan -bersama ikhwah- membuat kita selalu saja terlewat mengerjakan qiyamul lail, mencari alasan bahwa kita telah telalu lelah “melayani umat” di siang hari. Umar Bin Khattab mengucapkan, “Jika kuisi malamku dengan tidur sungguh aku telah menyia-nyiakan jiwaku, jika kuisi siangku dengan tidur, sungguh aku telah menyianyiakan rakyatku“. Qiyamul lail adalah kekuatan Shalahuddin Al Ayyubi untuk menaklukkan semua musuhnya. Qiyamul lail adalah kekuatanmu, wahai para pengemban dakwah.

Sungguh ini sama sekali bukan dakwah! Jika dakwah membuatmu berani menunda shalat fardlu tanpa alasan syar’i, tanpa alasan yang jelas. Mengatasnamakan amal, padahal kita tahu bahwa kita seharusnya mengamalkan dalil bukan mendalilkan amal.

Ah…

Sedang kita mengharapkan pertolongan Allah swt. hadir untuk memberi kemudahan kepada kita untuk menempuh perjalanan dakwah yang panjang ini. Sedang kita mengharapkan dukungan Allah swt. hadir untuk menguatkan kita untuk meneruskan tongkat estafet dakwah yang sudah diperjuangkan para pendahulu. Sedang kita mengharapkan pertolongan dari Allah swt. untuk mendorong kita untuk terus maju menegakkan kalimatullah di muka bumi.

Akankah kemudahan, dukungan dan pertolongan itu akan datang dengan kualitas kita yang makin lama makin merosot?

Namun, kita lupa bahwa kerja-kerja kita tidak boleh membuat kita jauh dari Allah swt., bahkan seharusnya kita makin dekat kepadaNYA. Makin taat kepadaNYA, makin semangat melakukan ibadah. Bukan malah menurun, bukan malah mengurangi jatah ibadah bahkan sama sekali tidak melakukannya. Ibadah itu kekuatan kita. Dakwah ini tidak hanya perlukan gerak kita, tapi butuh ruh dalam setiap gerakan kita.

Abdullah Azzam mengatakan,

“Amal Islami bukanlah aktivitas yang cukup dikerjakan di saat anda memiliki waktu luang dan bisa Anda tinggalkan saat sibuk. Tidak! Amal Islami terlalu agung dan mulia jika mesti diperlakukan begitu.”

Minggu, 02 Agustus 2009

aneh bin ajaib!

semakin aneh bin ajaib.. lucu bin bikin mules. emang sudah segitu parahnyakah ketidakpercayaan itu? sampe2 aku nggak dilibatin sama sekali. hahaha... semakin lucu melihat tingkah polah kalian! aku nggak minta dilibatin sih. tapi klo mau profesional jangan begitu. memilah milih begitu aja. hehehe.

aku sih asyik aja, nggak nambah kerjaan. tapi kelakuan kalian yang bikin mules. terserah deh mau ngapain. egp aja. hehehe.

aku tunggu aja sampe kapan kalian bertahan. feelingku sih kalian merasa butuh-nggak butuh ke aku. ya sudahlah....

mending enjoy ajah.

liat aja klo akhirnya dilimpahin ke aku. lihat saja....

Minggu, 26 Juli 2009

gedeee.... keciiiiiil!

sebenarnya raihana sudah bisa membedakan mana benda yang ukuran besar dan mana yang kecil sejak sebulan yang lalu. dan kini keahliannya ini makin terasah. hehe. setiap ditunjukkan dalam bentuk gambar atau bendanya langsung, raihana bisa dengan tepat membedakannya.

caranya aku mengenalkan mana besar dan kecil paling sering itu ketika raihana sedang belajar menggambar. gambar favoritnya adalah gambar kereta api dengan gerbong yang panjang. aku selalu menggambar dua ukuran. besar dan kecil. dan kini, raihana selalu meminta aku menggambar apapun dengan dua ukuran itu.

lalu aku coba pindahkan ke benda sungguhan. misalnya, ketika sedang jalan2 aku perlihatkan mana pohon besar dan mana pohon kecil.

kini, si ceriwis ini sudah bisa membedakannya. alhamdulilah.

si ceriwis ini juga udah bisa nyanyi sendiri. kadang ketika lagi maen, tiba2 aja dia bersenandung sendiri. dan ketika melihat benda baru, bukan hanya nama, dan fungsinya saja yang ditanyakan. tapi sudah bertambah pertanyaanya dengan kenapa. seperti tadi pagi aku sedang asyik menyetrika baju kerja abi. di kantong baju itu ada bercak tinta. si raihana dengan serius bertanya,

"mi... ini apa?" (sambil nunjuk bercak tinta)
"itu bercak pulpen, sayang/"
"bcak apa?"
"pulpen, nak."
"kenapa?"
(bengong sejenak) "mmm... ini tinta pulpen abi tumpah di dalam kantong... jadinya kotor deh, nak. jadi bercak begitu."
"pupennya kenapa?"
"tumpah, naaaaaak. jadi kotor deh... raihana main sama abi dulu gih! umi lagi nyetrika dulu ya. panas nih klo kena setrikaan...." (biar ga nanya2 lagi. hihihi).

agenda selanjutnya adalah mengenalkan warna. kalo ini raihana belum hafal benar. yang paling diingat adalah warna merah jambu dan kuning. yang lain masih lupa2.

met ulbul yg ke-20 ya nak!

Kamis, 16 Juli 2009

semua sama!

ada lagi yang baru dari raihana. kalau dulu dia lagi asyik melabelkan barang2 yang ada itu punya siapa, kini dia bisa mengingat apa yang dilihatnya kali ini sama dengan apa yang pernah dilihatnya dulu.

contoh: beberapa bulan lalu aku pernah membelikan boneka kura2 kepadanya. lalu beberapa waktu lalu aku dapat buku kamus anak dari kantor yang kebetulan di dalamnya ada gambar kura2nya. ketika pertama kali dia lihat itu, dia langsung heboh mencari boneka kura2nya... kata raihana, "sama!"...

lalu di buku itu juga ada gambar kelinci. raihana langsung heboh ke depan sepedanya yang memang ada boneka kelincinya. kata raihana, "sama!"

yang heboh lagi kemarin sore setelah aku pulang kantor. ketika aku udah sampe rumah bupuh (nenek raihana), raihana mengajakku maen ke luar rumah. lalu kebetulan tetangga sebelah lagi asyik mendorong sepeda anak2 yang ada dua tempat duduk itu. anaknya dan keponakan tetanggaku asyik aja duduk di atas sepeda.

melihat sepeda itu, raihana langsung heboh menarikku kembali ke dalam dan memintaku mendorong sepeda miliknya yang oleh bupuh dibelikan juga dengan dua tempat duduk. raihana kepingin naek sepeda yang sama juga dengan tetanggaku itu. kata raihana, "sama." jadilah sore itu kita konvoi sepeda....

bukan hanya itu. semua hal yang sama selalu mendapat atensi yang menghebohkan dari raihana... kata raihana, " mi... sama!"

aku cuma bisa menjawab, "wah.. hebat! iya nak... ini sama dengan yang itu!"

yang bikin aku geli adalah ekspresinya yang begitu serius memperhatikan dua benda yang sama itu. mungkin dia pikir kok bisa ya sama begitu. hehehe.

Selasa, 14 Juli 2009

rumahku istanaku, rumahku surgaku

Alhamdulillah.. senangnya punya rumah baru... oh ya, aku juga dah punya rumah baru loh. Hehe. Bukan pindah rumah ya... tapi....

Begini ceritanya:

Aku tinggal di rumah peninggalan orang tua suamiku yang sudah wafat semuanya. Iya, ketika aku nikah dengan suamiku, aku udah nggak punya mertua. Awalnya, kita berencana tinggal di rumah orangtuaku di depok 1. tapi sepertinya suamiku lebih cenderung ingin tinggal di rumahnya saja. Toh rumah itu udah nggak ada yg nempatin kecuali adik iparku saja. Rumahnya lumayan gede. Jadi berasa banget isengnya adik iparku klo tinggal sendiri. Lagi pula suamiku akan lebih merasa “bebas” tinggal di rumahnya sendiri daripada numpang dengan mertua. Ya oke deh. Sebagai istri aku ngikut aja sih.

Yang bikin sedih, kondisi rumah suamiku tidak dianggap layak tinggal oleh ortuku. Jadi yah, selama nikah, aku dan suami bersabar2 saja dengar komentar ibu bapakku. Yang penting aku nyaman kok tinggal di situ. Namanya orang tua wajar sih klo mencemaskan aku anak perempuan semata wayangnya. Namun gimana lagi, namanya rezekinya ini ya terima aja kan lebih enak... hehehe. Udah berapa kali ortuku membujuk kami untuk pindah ke ruamh mereka. Iya sih. Rumah ortuku itu lebih nyaman tentunya. Kondisinya bagus walo nggak selalu barang2 yang ada di dalamnya harganya mahal. Suamiku tentu agak berat tinggal di rumah mertua. Taulah.. laki2 biasanya ogah tinggal di rumah mertua. Ga berasa rumah sendiri soale. Hehe.

Ukuran rumah suamiku itu (rumah peninggalan ortunya sih tepatnya), luas sekali. Hampir 200m2. di belakang rumah masih ada tanah kosong yang luas. Di depannya, ada tiga petak kontrakan milik keluarga suamiku. Suasananya lebih ramai. Maklum letaknya di kampung baru.. dekat cagar alam depok itu loh. Beda dengan rumah ortuku yang di perumnas.

Di rumah itu ada beberapa ruangan. Ada tiga ruangan yang dijadikan areal privasi bagiku, suami, dan anakku. Sisanya, ruang tamu, dapur, kamar mandi, gudang di samping rumah, jadi milik bersama. Adik iparku tinggal di petakan sebelah rumahku. Kalo siang, adik iparku dan kakak iparku masih suka berkumpul di ruang tamu, memakai dapur yang sama, dan kadang memakai kamar mandi kami. Aku nggak bisa protes karena status rumah ini adalah rumah keluarga. Statusku numpang di situ. Hehe.

Beberapa waktu lalu, kakak iparku ada yang mau pindah ke rumah itu. Jadi deh itu rumah dipermak ulang. Kini ruang2nya dibagi2 dan disekat2 dengan tembok. Aku tetap menempati ruang yang ada, ditambah satu ruang untuk kamar mandi dan dapur. Jadi sekarang, aku punya kamar mandi dan dapur sendiri.. alhamdulillah senaaangnyaaaaaaaaaa.....

Walau ukuran menjadi lebih kecil, aku merasa puas dan senang. Karena ruang kecil itu menjadi “milikku” sepenuhnya (walo status masih numpang, hehe). Pintu depan bisa kami kunci sehingga tidak ada yg bs masuk sebarangan. Dulu sih aku cuma bisa mengunci pintu kamarku saja.

Rumah kami yang berdempetan dengan rumah kakak ipar dan adik ipar memang masih belum sempurna. Kamar mandi dan dapurnya belum dirapikan karena keterbatasan dana. Tapi aku dan suami bertekad akan menyicil untuk memperbaiki yang kurang2. sehingga, semoga orang tuaku menjadi berkenan dengan rumah itu. Dan aku nggak diprotes mulu. Hihihi....

Doakan ya kami bisa merapikan rumah mungil kami menjadi rumah yang nyaman dan sehat! syukur2 bisa beli rumah sendiri.. amiiieenn!

gambar dari sini.

ganti tampilan!

hehehe. puas aku sekarang. blogku ini makin cantik kan??? semoga teman2 suka ya...

Kamis, 09 Juli 2009

award kereen!

dapet ini dari bundanya ina.... tapi maaf ya bunda, aku nggak bs meneruskannya... abis lieur sih baca peraturannya! tapi dengan bangga aku pejeng awardnya di sini!!!! makasih ya bundaaaaaaaaaa!


Minggu, 05 Juli 2009

daper award lage...

kali ini dapet dari bunda zalfa yang baru aja aku kenal.. makasih ya bunda... salam kenal dariku!

ini awardnya daku pajang!

punya aku!!

dalam sepekan ini, ada yang baru dari celotehnya raihana. kini dia bisa mengucapkan kata "aku", looh. aku pertama kali mendengarnya sih sudah beberapa hari lalu. pertama kali mendengarnya aku geli banget hehe.

ceritanya begini, seperti yang pernah aku ceritakan, raihana sudah sadar tentang arti kepemilikan barang. dia sudah bisa membedakan mana barang milik dia, mana barang milik orang lain. jangan sekali2 mengambil barang yang sudah diyakininya menjadi milik raihana ya... bisa2 kamu kena teriakan dahsyatnya.

seperti biasa, raihana suka mengabsen barang2 yang ada. ini punya siapa, yang ini punya siapa. nah, suatu hari, raihana asyik sekali main balon yang berbentuk palu2an. lalu aku bertanya,

"looh... ini punya siapa, rai? punya dedek fatimah ya?"

"bupaaaan!" (bukan)

"lalu punya siapa?"

"punya akuuuuuu!"

aku bengong sejenak.. o alaa... raihana dah bisa ngomong aku ya... makin nongol deh keakuannya.

"waaah, hebaaat! jadi balonnya punya hana ya?"

"iyah"

raihananya yg dipuji memandangku dengan penuh arti... duuuh, makin gemeesssssssssss.... sekarang dia sudah bisa bergaya ketika ditanya kepemilikan.

Jumat, 03 Juli 2009

hehe, dapet award nih!

aku sebisa mungkin selalu menyempatkan diri mampir ke blog bunda2 laen. kali aja ada cerita seru! nah, waktu liat blognya bunda ina, aku liat ada award dan namaku tercantum di sana. WOW senangnya!!! langsung deh dengan semangat 45 aku tao di blogku ini...

ini dia awardnyaaa!
cantiik kan awardnya!

peraturannya begini:
● Menerima award, pasang diblog Anda dengan mencantumkan nama orang yang telah memberikan award dan link blog-nya.
● Bagikan lagi award ini kepada blogger lainnya. Jangan lupa untuk menghubungi blogger agar mereka tahu bahwa mereka telah terpilih untuk menerima award ini. Tinggalkan pesan di shoutmixnya

naaah... sekarang, aku lempar ke mana yah? ke yang ngintip aja deh hehehe!

Minggu, 28 Juni 2009

buat apa?

sabtu lalu aku libur kerja. tentu saja senang dong... kan jadi bisa menghabiskan waktu bersama anak. hehehe. maklum lah emak2 bekerja. dan yang paling membahagiakan tentu saja melihat anak kita tumbuh sehat dan pintar. alhamdulillah, menginjak usia ke 19 bulan ini, raihana tetap dalam keadaan sehat dan ceria. perkembangannya pun terus bertambah. semoga selalu begitu ya naaaak! amin!

oh ya, perkembangan yang paling menonjol dari raihana itu adalah bicaranya. alhamdulillah, raihana mudah sekali mengikuti setiap kata yang dia dengar. awalnya, dia akan terus bertanya mininal 4 kali. baru paham. contohnya, ketika dia melihat suatu benda yang baru dia kenal, dia akan bertanya apa ini minimal sampe empat kale. setelah itu baru deh dia bisa mengulangi nama benda itu walau dengan lafal yang belum sempurna. raihana akan terus minta diulang kalau dia belum bisa.

dan sekrang, pertanyaannya sudah bertambah bukan hanya bertanya "apa", tapi sudah bisa bertanya "buat apa". contohnya, waktu lagi mandi, raihana melihat lantai keramik yang baru aja dipasang kemaren. lalu dia bertanya,

"mi... nii apaa???"
"lantai keramik, sayang..."
"apaa??"
"lantai keramik baru.. bagus ya warnanya?"
"ini apa mii??"
"lantai keramiiiik... warnanya biru ya, gambar bintang lagi. bagus kan?"
"iyah... buat apa???"
......... si umi bingung jawabnya.
"buat di kamar mandi biar bersih lantainya."

atau waktu sabtu kemaren si rai sibuk mengeluarkan dan membongkar semua mainannya dari keranjang.

"mi, nii apa??"
"itu anggur, nak." (anggur2an yg dari plastik itu)
"iyah, anguung."
"nii apa?"
"itu pulpen abi."
"miii... bupaa!" (minta bukain kardus)
diam anteng ga kedengeran suaranya....
"mii.. ni apa??"
aku yang lagi asyik baca buku di sampingnya cuma bengong melihat potongan papan plastik hitam agak kecil yang sedang diacungkan raihana. kayaknya sih potongan tutup baterai hp yang patah.
"apa ya? umi ga tau, nak."
"buwat apa?"
"mmmmm..... hana main ini aja yah?" mati gaya jadi dialihin aja deh perhatiannya. hehehe.

gitu deh sekarang. udah musti siap2 memberi jawaban yg agak panjang lebar. hehehe.

raihana juga sudah bs menyanyikan lagu cicak2 di dinding dan naik kereta api. dua lagu ini adalah favoritnya. setiap mau bobo raihana memang selalu minta dinyanyiin lagu2. nah, sekarang raihana sudah bisa mendendangkannya sendiri. aku hanya bisa takjub mendengarnya.

"cicak cicak dididing
iyam iyam ayaaap
atang amuuuuuk
aaaaaaam!
lalu emaaaam!"

"naiik ta api tuuuut tuuut tuuuut
sapa tuyuuuut
anduuung... bayaaa....
hayo naik umaaaah!
ayo awanku pat aiiiik!
ta ku tak amaaaaa!"

Minggu, 14 Juni 2009

rasa kepemilikan yang sangat tinggi.. huhuhu....

ada salah satu sifat raihana yang lagi muncul belakangan ini. yaitu rasa memiliki. aku kurang paham pada umur berapa biasanya anak memunculkan rasa ini. yang jelas, raihana sedang menunjukkannya belakangan ini. karena sifatnya ini kerap membuatnya selalu bercucuran air mata... (airmata beneran apa cuma kolokan? kata abinya).

contoh kasusnya gini. di tempat tidurku, ada tiga buah bantal. tiga buah bantal ini diberi sarung bantal berwarna berbeda (abis dah nggak tau pada ke mana tuh sarung2 bantal yg secorak. pasti deh pasangannya entah ke mana). dengan warna yng berbeda ini, raihana ingat betul mana bantal yang telah disetujui menjadi miliknya. pasalnya, abu raihana selalu bertanya kepada raihana yang mana bantal umi, bantal abi, dan bantal raihana. lalu raihana menjawabnya dengan membagi2 bantal A untuk umi, bantal B untuk abi, dan bantal C untuk raihana. setelah disepakati... raihana selalu meminta kami menggunakan bantal sesuai jatahnya. abu raihana sering memakai bantal sembarangan. bantal umi dipakai abi tidur... kontan saja, ketika raihana melihat itu, dia akan berteriak... tantal umiiiiiiiiiiiiiiii! huhuhu.... tu tantal umiiiiii! *tantal=bantal.

abi yang sedang nyenyak tertidur jadi terbangun. hehehe. raihana belum akan diam menangis sebelum abi memakai bantalnya sendiri.... begitu juga dengan benda2 lain. tas misalnya.

dia sudah hafal mana tas yang sering dipakai abi dan yang sering dipakai umi. dan itu dia anggap bahwa tas itu adalah tas umi dan tas abi. ketika kami bertukar tas, raihana langsung protes sambil nangis... tu tas umiiii... tu tas abiiiii....

yang hebohnya kalau ada anak tetangga yang maen ke rumah. setiap temannya mau memegang mainannya, raihana langsung aja teriaaak... nggak papaaaaaaaaaaa! (*raihana masih salah mengerti penggunaan kata nggak papa. hihihi. soalnya gini awalnya, setiap dia menangis karena sesuatu, misalnya maenannya dipegang adik sepupunya, aku selalu bilang nggak papa nak... dek fatimah cuma minjam aja. eh, kok jadi begitu penggunaan nggak papa ala raihana). kalau si teman nekad memegang maenan raihana... dia akan menangis sejadi2nya....

neneknya raihana sampe terheran2 dengan rasa memiliki yang sangat tinggi dari raihana. celetukan nenek, ini turunan dari mana ya??? cwiiiw... kita yang denger tinggal lirik sana lirik sini. hihihi.

huuaah... kadang ngeselin juga tapi selalu berakhir menggelikan... hi hi hi... ternyata anakku lucuuuuu sekali. hahaha!

btw, gimana ya cara memberi pengertian anak biar anak mau berbagi barang2 miliknya?

Selasa, 02 Juni 2009

akhirnyaa.....

setelah hampir seminggu lebih inet ndut2an... alhamdulillah hari ini lancar.

banyak kejadian mengejutkan loh (tapi off the record ajah). yang paling mengiris hatiku kali ini adalah raihanaaaaa.... setelah kita sedang happy2nya melihat dia yg lagi gesit ke sana sini... aktif, doyan makan... pinter nyanyi.... kini sedang sakit batuk uhuk2. suaranya yg dulu merdu waktu menyanyikan cicak2 di dinding dan naik kereta api menjadi serak2 basah... hidung meler... susah tidur... susah makaan... sediiiih deh emakmu ini naaak!

awalnya hari kamis lalu tgl 28 mei, rai diimunisasi booster 1 (DPT dan Polio). sorenya cuaca nggak gt enak. raihana meler... malamnya panas, besoknya batuk2... bekas suntikkannya bengkak memerah. doppingnya sekarang air daun kapuk, jus buah.... (madunya cepat dibeli ya abiiiiiiii)!

bekas suntikan sudah sedikit bengkaknya tapi nggak sakit lagi. tinggal batuknya niiiiii!

cepat sembuh nak, umi mau denger nyanyianmu lagi... dan mendengar kau menghitung tepat dari satu sampe sepuluh.

umi kangen celotehmuuuuuu!

Selasa, 19 Mei 2009

yuk, bernyanyi!

Emang ya, buat orang tua, terutama ibu2, anak adalah kebanggaan, pelipur hati. Tempat narsis. Hehehe.

Aku pun demikian. Apalagi baru punya satu. Ibu muda istilahnya (insyaALLAH masih awet muda. Hahaha!) Mengikuti setiap perkembangan anak adalah keajaiban! Aku dibuat takjub dengan semua keistimewaannya. Rasa saying ke anak pun bertambah-tambah. Alangkah bodohnya orang tua yang menyia2kan dan meyepelekan setiap waktu yang bersama anak.

Raihana kini dah mau masuk 18 bulan. Dalam satu bulan ini, begitu banyak perkembangan yang membuatku terpesona.

Yang paling kelihatan itu adalah ocehannya. Sudah nggak terhitung kata-kata baru yang bias dia ucapkan. Setiap aku menjelaskan sesuatu, rai sudah bias mengerti dan selalu mengikuti kata2 yang aku ucapkan.

Misalnya,

Aku: “raihana maennya di depan aja yaa…”
Raihana: “iyah, hana depaan!”

Aku: “anak umi yang cakep siapa ya?”
Raihana: “Hanaaaaaa.”

Aku: “anak umi yang pinter namanya siapa?”
Raihana: “Hanaaaa”

Aku: “Raihana anak cakep ya?”
Raihana: “iyah, hana cacep. Umi cacep.”

Aku: “kaki raihana ada berapa?”
Raihana: “duaaaaaa”

De el el.

Raihana juga sudah bs mengikuti nyanyian walo Cuma kata akhirnya saja. Rai juga dah bias nyanyi sendiri.

Tahu kan lagu yang syairnya, “dubidubi dam dam dubidubidaaam!” raihana dah bs menyanyikannya tapi dengan syair sedikit berbeda. “dudubidadam dudubidadam.”

Raihana sudah bias berhitung lancar satu sampe dua. Hehe. Sampe lima sih sudah tapi pengucapan sempurnanya baru sampe dua.

Kalau senang dengan satu permainan atau lagu, pasti deh minta nambah sambil ngomong, “caciiiih! caciiih!” (lagi maksudnya).

Kalau lagi nggak mau beneran selalu ngomong, “nggak maaauuuuuu!”

Subhanallah, makin pintar kamu yaa….

Kalau sudah lihat tingkahnya, uuughh… bikin gemeessss deh.

Hobinya dah maen aer sama gambar. Emaknya sampe dibuat bosan disuruh gambar yang itu-itu juga. Klo lagi mandi paling susah nyuruh udahan. Harus punya strategi jitu mengalihkan perhatiannya.

Intinya: SERU BIN HEBOOOOH! Dan aku makiiin cinnntaaaaaaah!

Kamis, 07 Mei 2009

bye bye mencreeeeeet!

mencret itu bener2 ga enak jendraL! asli... nggak enak banget. jangankan sampe berhari-hari. sehari aja mencret rasanya dah lemes banget. badanku yg dah kurus makin kurus nih. si rai juga jadi ogah nenen karena aku dehidrasi kali yah.

setelah berjuang hampir seminggu, dah minum obat yg segede gaban... menahan mual, lemes, perut ga enak... hobi jadi anak nongkrong... kini semuanya dah berakhir hanya dengan memakan 2 biji jambu klutuk mengkel saja. huaaaaaaaaa... klo tau gini kan dari kemaren2 aja dah makan jambu klutuknyaaaaaaaaaa!

nyari jambunya ini yg agak susah. apalagi yg menkel. baru kemaren aku dapatkan di pasar deket rumah neneknya rai.

nah, buat pengalaman nih ke temen2 yang lain. kalau kena diare... daripada pusing berobat ke sana-ke sini... cari saja jambu klutuk merah yg masih mengkel, makan deh yg enak....

klo punya anak yg dah gedean trs kena mencret juga tinggal dikasih jambu klutuk ajah. insyaAllah sembuh.

alhamdulillah....

----------------------

Khasiat Jambu Klutuk: Diabetes, Maag, Sakit Perut

Jambu Biji (Psidium guajava) tersebar meluas sampai ke Asia Tenggara termasuk Indonesia, sampai Asia Selatan, India dan Srilangka. Jambu biji termasuk tanaman perdu dan memiliki banyak cabang dan ranting; batang pohonnya keras. Permukaan kulit luar pohon jambu biji berwarna coklat dan licin. Apabila kulit kayu jambu biji tersebut dikelupas, akan terlihat permukaan batang kayunya basah. Bentuk daunnya umumnya bercorak bulat telur dengan ukuran yang agak besar. Bunganya kecil-kecil berwarna putih dan muncul dari balik ketiak daun. Tanaman ini dapat tumbuh subur di daerah dataran rendah sampai pada ketinggian 1200 meter diatas permukaan laut. Pada umur 2-3 tahun jambu biji sudah mulai berbuah. Bijinya banyak dan terdapat pada daging buahnya.

Jambu biji ini akrab juga dengan nama psidium guajava (Inggris/Belanda), Jambu klutuk, Bayawas, tetokal, Tokal (Jawa); Jambu klutuk, Jambu Batu (Sunda), Jambu bender (Madura).

Komposisi: Buah, daun dan kulit batang pohon jambu biji mengandung tanin, sedang pada bunganya tidak banyak mengandung tanin. Daun jambu biji juga mengandung zat lain kecuali tanin, seperti minyak atsiri, asam ursolat, asam psidiolat, asam kratogolat, asam oleanolat, asam guajaverin dan vitamin. Kandungan buah jambu biji (100 gr) - Kalori 49 kal - Vitamin A 25 SI - Vitamin B1 0,02 mg - Vitamin C 87 mg - Kalsium 14 mg - Hidrat Arang 12,2 gram - Fosfor 28 mg - Besi 1,1 mg - Protein 0,9 mg - Lemak 0,3 gram - Air 86 gram

Manfaat:

  • Diabetes Mellitus. Bahan: 1 buah jambu biji setengah masak. Cara membuat: buah jambu biji dibelah menjadi empat bagian dan direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari, pagi dan sore
  • Maag. Bahan: 8 lembar daun jambu biji yang masih segar. Cara membuat: direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan: diminum 3 kali sehari, pagi, siang dan sore.
  • Sakit Perut, diare dan mencret. Bahan: 5 lembar daun jambu biji, 1 potong akar, kulit dan batangnya. Cara membuat: direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari pagi dan sore.
  • Diare pada bayi yang masih menyusui. Bahan: jambu biji yang masih muda dan garam secukupnya. Cara menggunakan: dikunyah oleh ibu yang menyusui bayi tersebut, airnya ditelan dan ampasnya dibuang.
  • Masuk Angin. Bahan: 10 lembar daun jambu biji yang masih muda, 1 butir cabai merah, 3 mata buah asam, 1 potong gula kelapa, garam secukupnya. Cara membuat: semua bahan tersebut direbus bersama dengan 1 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari.
  • Beser (sering kencing) berlebihan. Bahan: 1 genggam daun jambu biji yang masih muda, 3 sendok bubuk beras yang digoreng tanpa minyak (sangan = Jawa). Cara membuat: kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 2,5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas kemudian disaring. Cara menggunakan: diminum tiap 3 jam sekali 3 sendok makan.
  • Prolapsisani. Bahan: 1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji. Cara membuat: direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan: air ramuan tersebut dalam keadaan masih hangat dipakai untuk mengompres selaput lendir poros usus (pusar) pada bayi.
  • Sariawan. Bahan: 1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji. Cara membuat: direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari.
  • Sakit kulit. Bahan: 1 genggam daun jambu biji yang masih muda, 7 kuntum bunga jambu biji. Cara membuat: ditumbuk bersama-sama sampai halus. Cara menggunakan: untuk menggosok bagian kulit yang sakit.
  • Obat luka baru. Bahan: 3 pucuk daun jambu biji. Cara membuat: dikunyah sampai lembut. Cara menggunakan: ditempelkan pada bagian tubuh yang luka agar tidak mengelurkan darah terus menerus. (SuaraMerdeka.com)

Rabu, 29 April 2009

giliran deh

kali ini, bupuh (nenek rai) yang sakit... kena flu. ketularan om aris. pagi tadi umi sampe bingung antara masuk or ga masuk kerja. pas nlp sdm sini, si rai disuruh dibawa ajah. ketika umi izin ke bupuh... eh, raihana ga boleh ke kantor....

alhasil, umi melenggang sendiri ke kantor. rai sama kakek deh di rumah.

badan umi juga lagi nggak enak nih. rasanya aneh dan ga jelas. awalnya umi mikir pengen di rumah aja berdua raihana... tapi... mengingat badan juga lagi ga enak... jadi nggak berani berduaan rai. takut kebanyakan esmosinyah. hehe.

udah dua hari umi ga enak badan. mencret2 juga nih. perut mual. pala pusing. badan lemes....

rai, kalo dah gede nanti, bantuin mijitin badan umi yah biar enakan!

Senin, 27 April 2009

di usia 17 bulan....

huhuhu... menjelang usia 17 bulan ini... raihana malah mencret... kayaknya sih masuk angin. soalnya badannya ga panas, masih ceria2 ajah. cuma makannya jadi agak susah walo mau sedikit ajah.

awalnya sih neneknya rai pernah bilang beberapa hari lalu kalo rai BAB-nya tiga kali dalam sehari... dan mencret walo sedikit. aku nggak terlalu khawatir saat itu. masalahnya di pagi hari dia BAB wajar ajah nggak mencret. lalu di ahad dini hari, sekitar jam 3 pagi, rai muntahin semua susu yang baru saja dia minum. lalu paginya, mencret dan berlanjut selama 3 kali hingga sore harinya.

senin pagi masih mencret. siangnya dua kali mencret tapi sudah tidak banyak airnya. dah agak kental. lalu pagi tadi aku kasih susu formula lagi. aku kira dah baikan. eh, paginya mencret lagi. huhuhu....

hari ini aku stop dulu minum susunyah. aku minta tolong nenek rai untuk selalu memberi air minum. tadi sih sekitar jam 10an aku telp ke rumah, rai lagi maen dan tidak mencret lagi. semoga dah sembuh ya.

pengobatannya cuma aku kasih perasan daun jambu klutuk. kadangteh pahit. aku rutinkan minum air putih. kadang aku kasih oralit. cuma dia nggak doyan. semoga cairan tubuhnya ga berkurang dan cepat tergantikan.

anaknya sih sampe sekarang masih doyan makan dan minum walo sedikit2... tapi dah agak lemas, kurang semangat mainnya. hiks. badannya pun tampak kurus. sediiiih deh....

semoga sudah baikan jadi nggak perlu minum obat kimia. semoga cak moki bisa bantu.... maklum nih akhir bulan gini ke dokter... dolar dari mana???

semoga cepet sembuh ya nak.. feelingku sih, rai mulai mencret gara2 aku mulai memandikannya dengan air dingin. biasanya pake air hangat mulu. niatnya ingin membiasakannya. tapi sehabis mandi aku ga olesi lagi dengan minyak telon... (minyak telonnya abis. umi lupa mulumau beli). aku pikir rai kuat. dia kedinginan kali ya....

maafkan umi klo masih belum becus menjagamu....

ini foto rai waktu ahad lalu:
lagi asyik nulis

tulisanku bagus ya umi?

Senin, 06 April 2009

ikut nyontreng ngga ya???

jujur saja, sebagai warga negara biasa yang awam dengan politik... aku menjadi miris dengan kondisi bangsa ini sekarang. terutama umat Islam. kondisinya seperti sudah terpecah belah. aku melihat sudah banyak sekali yang apatis terhadap upaya perubahan menuju kondis yang lebih baik. sediiiih banget! mau dibawa ke mana bangsa ini kalau semua orang berlepas tangan dengan berbagai dalih? kalau negara ini makin kacau... itulah yang diinginkan oleh orang-orang yang tidak ingin Islam eksis di negeri ini. sadarkah kalau kita sedang diadu domba? sedang diubek-ubek? kenapa kita tidak melepas sejenak segala perbedaan lalu duduk bersama mencari SOLUSI KONGKRET untuk bangsa ini? bukan hanya sekadar teriak ke sana ke sini... menghujat... menjelek-jelekkan... kenapa kita tidak bersama2 BERBUAT agar negeri ini menjadi lebih baik? daripada saling menghujat... lebih baik YOOOK... kita BERBUAT semampu kita demi negeri ini! atau kalau ada yang sudah menganggap negeri ini bukanlah bagian dari tanggung jawabnya, silakan aja ke gunung... atau pindah gih ke negeri orang! *maap, lagi snewen*

Selasa, 24 Maret 2009

insyaAllah, sembuh!

selalu itu kata2 yang diucapkan si abi ketika aku mencemaskan raihana yang sedang panas badannya. gimana nggak cemas ya, sebagai ibu rasanya nggak tega liat anak sakit. takut begini takut begitu... kadang aku pengennya cepet2 aja dibawa ke rumah sakit. biar cepet sembuh, alasanku.

nah, si abi suka nggak setuju klo baru sakit dikit ke dokter... dia biasanya berusaha bertanya ke tetehnya atau ke temannya, obat apa yg bisa diberikan biar panasnya turun misalnya. rekomendasi teman2nya itu biasanya berkisar madu, sari kurma, kopi radiks... hehe. HPA semua dah. alhasil, suamiku selalu bela2in pulang dengan membawa salah satu di antaranya. walo mungkin saat itu si abi lagi tongpes...

satu hal lagi, setiap raihana lagi sakit gitu... si abi bisa dibilang selalu pas lagi jarang di rumah. ada saja acara yang harus diikutinya. kadang rapat ini, rapat itu, koordinasi ini itu... insyaALlah, kegiatannya memang tak pernah lepas dari dakwah.

aku sebenernya nggak rela abi pergi mulu. laah, kan aku jadi cuma berdua aja ama raihana yang lagi rewel. huhuhu... bisa dibayangkan bagaimana repotnya. klo perlu apa2, aku harus mengusahakannya sendiri.

apalagi waktu panas raihana lagi tinggi2nya. aku sibuk sendri masak air buat kompres sambil gendong si bocah. si bocah mau ini itu, aku layani sendiri. huhuhu. akhirnya aku jadi sering lupa makan... minum aja kadang lupa. mau pipis, mau BAB... duh, gimana ya. masak bawa anak sakit ke kamar mandi? yang ada ditahan2 aja dulu deh. mandi juga kok rasanya nggak sempet yah! huhuhu, jadi maklum ya klo aku jadi dekil in the kumel.

aku pernah protes ke abi! abiiii... jangan tinggalkan aku sendiriiiii!!! komentar si abi cuma, "umi... abi kan pergi bukan buat maen, insyaALLAh setelah abi pulang nanti, raihana sembuh. Abi doakan.... umi yang sabar ya... gimana nanti klo abi pergi ke palestina? itung2 latihan...."

huhuhu... abiiiii....

tapi memang pertolongan Allah juga kali ya... panasnya raihana emang menurun pas abi dah pulang ke rumah... doa abi makbul!

ya, pelajaran moral yang aku dapat:

1. ketika kita bersusah payah menolong agama Allah, musti meninggalkan keluarga yang sebenarnya membutuhkan kehadiran kita... nggak usah khawatir karena Allah akan menjaga keluarga kita.

2. istri yang tinggal pergi suami "berjuang," jangan banyak mengeluh... (gue bangat dah!). sabaar... dan jangan manja. doakan suami pergi dan pulang dengan selamat dan mendapatkan keberkahan dari Allah.

dan pagi tadi ketika pamit pergi kerja, aku bisikan suatu kalimat ke abi.... kalimat yang bikin aku deg2an untuk mengucapkannya....

"abi... i love you!"

tambahan: raihana dah bisa ngomong abiiii... klo umi baru miii doang....

Minggu, 22 Maret 2009

gigiku senut2

wiken kali ini seru juga. seru dalam tanda kutip ye. bagaimana nggak seru. di kala yang lain asyik jalan2 or acara makan2... si rai malah panas lagi. mulai agak anget dari jumat sore. panasnya sampe 39 derajat nyaris 40! fhhuh!

alhamdulillah aku nggak panik lagi. yang aku khawatirkan sih klo panasnya ini sampe berhari-hari... aku berdoa terus agar panasnya cepat turun. aku takut rai flu lagi. masalahnya anak2 kecil di sekitar rumahku udah pada giliran sakit panas lalu flu... kasian nenek ntar ketularan lagi... trus sakit lagi deh... semoga tidak ya.

abis ditreatment... ahad paginya, panasnya turun kisaran 38 derajat... masih kategori panas yah. aku kasih madu, sari kurma, jus... air putih... susu... alhamdulillah, klo yg cair masih mau diminum. klo makan agak padat... dikit yg masuk... sisanya cuma dikunyah2 trus dilepeh.

aku coba bertanya ke raihana, "mana yang sakit. nak?" raihana selalu menunjuk pipi kanannya... aku tanya lagi di saat yg berbeda... yg ditunjuk selalu itu... aku perhatikan emang gusinya lagi pada bengkak2... ternyata gigi gerahan kanan ada yg mau numbuh! perasaan gigi geraham sebelumnya tumbuh tanpa diiringi panas ya? kok yg ini pake panas segala?

alhamdulillah, dari semalam suhu tubuhnya dah kembali normal. dah ceria lagi. senang rasanya hati inI!

tapi kok... pagi ini badanku jadi pegal2 semua yah? lelaahnya hari ini... andai hari ini libuuuurrrrrr...!

gigiku senut2

wiken kali ini seru juga. seru dalam tanda kutip ye. bagaimana nggak seru. di kala yang lain asyik jalan2 or acara makan2... si rai malah panas lagi. mulai agak anget dari jumat sore. panasnya sampe 39 derajat nyaris 40! fhhuh!

alhamdulillah aku nggak panik lagi. yang aku khawatirkan sih klo panasnya ini sampe berhari-hari... aku berdoa terus agar panasnya cepat turun. aku takut rai flu lagi. masalahnya anak2 kecil di sekitar rumahku udah pada giliran sakit panas lalu flu... kasian nenek ntar ketularan lagi... trus sakit lagi deh... semoga tidak ya.

abis ditreatment... ahad paginya, panasnya turun kisaran 38 derajat... masih kategori panas yah. aku kasih madu, sari kurma, jus... air putih... susu... alhamdulillah, klo yg cair masih mau diminum. klo makan agak padat... dikit yg masuk... sisanya cuma dikunyah2 trus dilepeh.

aku coba bertanya ke raihana, "mana yang sakit. nak?" raihana selalu menunjuk pipi kanannya... aku tanya lagi di saat yg berbeda... yg ditunjuk selalu itu... aku perhatikan emang gusinya lagi pada bengkak2... ternyata gigi gerahan kanan ada yg mau numbuh! perasaan gigi geraham sebelumnya tumbuh tanpa diiringi panas ya? kok yg ini pake panas segala?

alhamdulillah, dari semalam suhu tubuhnya dah kembali normal. dah ceria lagi. senang rasanya hati inI!

tapi kok... pagi ini badanku jadi pegal2 semua yah? lelaahnya hari ini... andai hari ini libuuuurrrrrr...!

Rabu, 18 Maret 2009

cicak cicaaaak....

assalamualaikum! hari ini aku sedang bahagia nih. aku mendengar makin banyak aja celoteh si bocah imut itu. dan makin menggemaskaaaaaaaaaaaaaaaaaan!

oh ya, usianya dah mau memasuki 16 bulan. alhamdulillah sehat selalu yaaa... aku dah kasih dopping madu satu sendok teh setiap hari. semoga bisa menambah stamina dan kekebalan tubuhnya ya... biar ga sakit2 lagi. amieeeeeeeeeeeeeeeeeeen!

tingkahnya tentu saja makin menggemaskan. misal, ketika ditanya, raihana mau makan? dia selalu menjawab, nggak mau! tapi kalo disuapin makanan... dimakan juga. hihihi... mungkin belum paham benar ya arti nggak mau itu. kalo naek motor dah ga mau digendong seperti bayi. maunya berdiri aja sambil sibuk nanya apa yg dia lihat sepanjang perjalanan.

setiap aku or nenek mau nyapu... dia pasti meminta sapu itu dan dialah yg jadinya asyik menyapu... setiap aku mau membereskan baju kering dari jemuran, rai akan dengan senang hati membantu mengeluarkan isi baju dari keranjang... dan ketika keranjang dah kosong, dia akan senang hati masuk ke dalam keranjang, ga peduli muat atau nggak buat tubuhnya. hehehe. dah pinter bantuin buang sampah ke tempat sampah... pinter makan sendiri (walo belepotan ga karuan) dan menyuapi umi makan. pinter naek sepeda sendiri, pinter pake sendal jepit sendiri... pinter pake sepatu umi....

ketika mau BAB dah ngajak ke kamar mandi... klo BAK masih sering kebobolan...

seruu kaaan???

belum lagi celotehnya. kata2 yg dia ucapkan alhamdulillah jelas terdengarnya. seperti... cicak, bupuh, mimik, aiii (air), cak (becak)... ini kosakata barunya ya... yg lamanya udah pernah aku posting.

nak, umi jadi kangen niiiiiii....

Rabu, 11 Maret 2009

huhuhu... sedihnya perpisahan

anak semakin besar tentu semakin mengerti keadaan. dari yang tadinya nggak ngeh, jadi ngeh....

mungkin ini biasa terjadi pada diri ibu-ibu bekerja. semakin beranjak besar, semakin banyak pula pertanyaan-pertanyaan yang keluar dari mulut si anak tentang mengapa ibu pergi terus di pagi hari. kalau belum bisa bertanya, si anak akan bertingkah apa aja untuk mencegah si ibu pergi meninggalkannya.

bagaimana hati si ibu? nano2. antara tak tega dan keharusan untuk pergi. teriris-iris mendengar protes si anak. tapi mau bagaimana bila kondisi mengharuskan si ibu ikut pula mencari nafkah untuk keluarga. bingung kan? itulah salah satu dilemanya PTM.

si imut kecil raihana pun kini makin menyadari kalau ibunya mau pergi meninggalkannya. pasti deh, ibunya digelendotin mulu nggak mau dilepas. kalaupun terlepas, dia akan segera mengejar si ibu sambil berteriak dan menggapai2kan tangannya ke arah si ibu....

dan si ibu hanya bisa memandang sedih dan segera berlalu sambil sayup-sayup jeritan si imut terdengar makin menjauh. huhuhuhu... pedih banget, JENDRAL!

nenek raihana suka membantu mengalihkan perhatian si imut biar ibunya bisa pergi dengan tenang. mungkin untuk sekarang-sekarang ini masih bisa begitu. tapi mungkin kalo sudah makin besar... si imut akan menggugatnya. duh, siap ga ya si ibu menjawabnya?

dari sekarang, si ibu sudah berusaha memberikan pengertian kepada si imut. si imut cuma memandang polos, entah dia mengerti apa tidak. toh, setiap si ibu mau pergi dia masih saja histeris. mungkin butuh waktu ya. suatu saat pasti mengerti....

maapkan emak ya, naaaak!

Senin, 09 Maret 2009

bahagia, senang, happy!

yoww yowww... pagi ini rasanya beda banget! hati rasanya ringan seperti kapas. lega... indah... ah, nyaman banget rasanya! apa karena abis liburan 3 hari??? mungkin juga. tapi bukan karena itu kurasa. sering kok liburan panjang... tapi pas ngantor kok rasanya biasa aja, malah cenderung bete.

tentu ada sebabnya hati ini begitu ringan. mau tau? hehehe.

kemaren sore, aku ikutan jalasah ruhiyah yang diadakan di masjid jalan jeruk depok. temanya tentang misi hakiki kita: masuk surga. asiknya lagi, daku bisa pergi sendirian ke sana. raihana di rumah aja ama abi. enaknya, aku jadi bisa menyimak lebih serius. klo ada raihana kan pasti banyakan maennya deh ama raihana...

terkadang, kita suka lupa dengan misi hidup kita ini di dunia. kita begitu sibuk dengan dunia... padahal kesuksesan sejati itu adalah ketika kita berhasil masuk surga-Nya. untuk apa sukses di dunia. kaya raya, punya jabatan... tapi ujung2nya masuk neraka. hiiii... sungguh meruginya!

kajian sore itu membuatku menjadi lebih tenang... tenang menghadapi masalah-masalah... apa yang aku hadapi sekarang ini bukan apa2. dunia hanya senda gurau. untuk apa aku habiskan waktu untuk hal-hal yang nggak penting! sebaiknya fokus saja ke misi utama itu.

ada delapan tips untuk meraih cita-cita itu (random yah. nggak ingat persis urutannya).
1. shalat yang khusyu
2. amanah dan menepati janji
3. memaafkan dan menahan amarah
4. berjihad di jalan-Nya
5. tobatan nasuha
6. membayar zakat
7. ...
8. ...

(yg titik-titik ini lagi lupa. hihihi... ntar deh klo inget diisi lagi. aku nggak bisa nyatet waktu itu. pulpennya rusak. jadi deh dengerin ajah).

poin-poin ini hanya segelintir cara menjalani misi itu. masih banyak kok jalan-jalan lainnya. jalan menuju ke sana tidaklah mudah, butuh pengorbanan dan memakan waktu. hanya dengan kesabaran dan tekad kuat, semua itu menjadi mungkin.

selain itu, liburan kemaren, aku sukses berduaan aja ama raihana. abinya raihana sibuk jaga stand, fullday lagi. pulang selalu larut malam. aku awalnya paling males di rumah sendirian sampe larut begitu. seringnya memilih ngungsi ke rumah nenek raihana ajah.

tapi liburan kali ini aku coba di rumah ajah. dan sukses! senangnya! aku kini bisa menikmati kebersamaan dengan raihana dengan lebih santai... enjoy...

momen yang paling indah adalah ketika raihana mau tidur. aku bisa becanda2 dulu dengannya... saling menatap mata dalam2... saling peluk-pelukan... nyanyi2 dulu.... aahh... jadi kangen!

maapin emakmu ini ya nak, dulu sering sewot klo kita cuma beduaan ajah.

perbendaharaan kata raihana juga bertambah: aduh, mawu (mau), nenek, bapak... nggak papa... pipis... pampes....

dah jago pake sendal jepit (gede). makin cantik... dan matanya... makin bikin hati nggak kuku!!!!

Kamis, 26 Februari 2009

panas deeuuii... panas deeeuuiii....

heran euy.. si imut ketika memasuki ulang bulan berikutnya, suka dibarengi ama suhu badan yg meningkat... bulan lalu juga gitu. sekarang juga. selasa tgl 24 kemaren sempet naik panasnya sampe 38 derajat...

kata nenek sih pas bangun siang badan raihana langsung panas. paginya sih gpp. ya aku kaget jadinya pas pulang2 hari itu dapet laporan rai panas. pagi tadi gapapa kok? ya wes... sekarang aku nggak terlalu panik lagi klo anak panas. dah tau treatmennya deh. hihihi.. yang penting tenaaang... bukan begitu ibu2?

pertama di rumah nenek, rai aku borehin bawang merah + minyak telon dikit (bagusnya sih air jeruk nipis. tapilagi ga ada). karena nggak bebas ya menerapkan treatmen di rumah nenek (banyak bedanya soale), aku bawa pulang aja ke rumah. di rumah langsung aku pasang termometer digital di keteknyah. si rai mah asik deh nenen mulu.... ga bs lepas neh. nempel terus daaah.

pas bunyi twet tweet... eh, ga taunya dah 38.8 derajat... langsung minum obat turun panaas... abis itu, si rai aku ajak berendam aer hangat di bak mandi... bak mandinya aku taro di ruang tengah biar ga kena angin sepoy. klo di kamar mandi masih suka masuk angin dari luar kan dingiiiiiin....

asik dah tuh cipak cipuk di bak mandi... airnya aku usapin ke seluruh badan.aku diemin aja sampe airnya agak dingin. air tumpah ruah ke ubin... biarlah... kan ada abi yg siap ngepel. hihihi....

kenapa berendam? karena klo ngompres raihana alamat susah. tuh kain kompresan bakalan dilempar mulu ke mana2. jadi yg simpel aja deh.

dah puas maen aer... aku keringin badannya pake anduk, kasih minyak telon dikit. kasih baju kering... ukur ketek... eh, dah turun jadi 37! horeee... masih sumeng2 sih. tapi raihana ga rewel kok.

suhu badan bertahan sampe pagi hanya kisaran 36,5-37... ga sampe nembus 38. ya wess aman... paginya aku masih khawatir karena nenek masih cemas. kata nenek, klo siang masih panas mo dibawa ke dokter. aku khawatir aja rai dibawa ke dokter. tanggal segini gitu loooh. lagi pula rai masih ga papa kok. aku jadinya ga ngantor dulu liat perkembangan rai. kalo pun ke dokter, aku kan jadi bs ikutaaan. biar tenang hati ini....

alhamdulillah, sampe besoknya... dan sekarang rai dah ga panas lagi. dah ceriwis lagi... dah normal lagi... nenek kakek pun senaaaang!

tak terasa ternyata usiamu dah setahun 3 bulan. gigi dah nambah loooh jadi sebelaas! dah pinter gosok gigi....

sehat selalu ya naaaak....

Minggu, 22 Februari 2009

asosial

makaaan, makan sendiriii...
ngobrol, ngobrol sendiri...
bete, bete sendiriiii...
kasian asiiiik dehhh kitaaaaaaaaaaa....

-------

begitu mungkin gambaran diriku saat ini. hehehe. semenjak ditinggal pergi temen2ku tercintah, kini aku kembali ke habitat asal: asosial. hehehe.

julukan itu disematkan oleh mbakyuku yang ntuuu. setelah menimbang, melihat, mempertimbangankan aku sejak doi pertama kenal denganku. ya nrimo saja waktu itu.

kini, aku nikmati saja semuanya. toh, asyik juga loh asosial itu. nyaman. hehehe. egois kah? iya juga kali. tapi ya dibawa enjoy ajah.

yup! wellcome to the jungle dah!

Rabu, 11 Februari 2009

yuk, berceloteh!

raihana baru masuk usia 13 bulan. dah mulai cerewet. dah ngerti instruksi sederhana. seperti, ayo duduk... tolong ambil kan bantal... tolong ambilkan gelas... mana sepatu raihana... mana jilbab raihana... buang ke tempat sampah ya... yuk kita gambar... pake tangan kanan ya... de el el....

anggota keluarga dan dirinya sendiri juga udah bisa dia tunjuk dengan baik.

kuping, rambut, hidung, tangan, kaki, gigi... dah bisa raihana tunjuk dengan benar.

celotehnya pun bertambah... ni djiaa (ini dia)... tcudjiaaa (tuh dia)... tcactcuuu (jatuh)... nenen (ya nenen.heheh)... patcuuu (sepatu)... mbaaaah (mbah. paling lancar nih)... baaaa (mmbeeek kambing)... apa-apa... dah (sudah)... biss (habis)...

benar2 menakjubkan ya... dari yg dulunya cuma oe-oe... dah pinter seakrang... dari yg dulunya cuma tidur, makan... tidur... makaaaan... sekarang dah lari ke sono sini, manjat sana sini...

dan emaknya kini kudu ekstra belajar sabaaar...

Senin, 09 Februari 2009

kosakata baru raihana

wiken kemaren, aku benar2 di rumah aja berdua ama raihana. dari hari jumat. kakek nenek pergi ke yogya. sepupuku ada yg nikah. sejak hari kamis, suhu badan raihana agak meninggi. cerita lengkapnya di sini. jumat itu, niatnya aku ingin ajak rai ke kantor. tapi ga memungkinkan karena dia blm fit benar. akhirnya ya di rumah aja deh.

setelah panasnya turun, raihana jadi pilek dan batuk2. batuknya itu seperti berdahak. puncaknya pas ahad pagi, dia batuk sampe muntah... langsung deh aku ke bidan minta obat batuk. saking paniknya gitu. pengennya sih didiemin aja. tapi kok ga tega ya. secara batuk itu kan reaksi alami tubuh untuk mengeluarkan kotoran yang masuk ke pernapasan.

senin, nenek kakek blm juga pulang. daku berdua deh ama raihana lagi. kita nginep di rumah nenek yg lagi sepi.

ternyata seru acara kita itu. aku baru tau deh si bocah dah susaaaah banget diajak makan. dah banyak nolaknya. maunya ya... makan sendiriiiiii... ga papa sih sebenernya, cuma aku nggak tahan ama berantakannya itu... dah gitu kan sendirian. kebayang deh repotnya beresin ini itu, ngepel... secara nenek itu orangnya resik banget ga boleh ada yg kotor. kan repot klo nenek pulang liat rumah berantakan. selain jagain si bocah, aku juga kudu masak and nyuci baju. yah beres2 lah biar ga berantakan banget.

ternyata dan ternyata, menghadapi anak satu tahun emang ga mudah. kudu kontrol emosi kuat2... tingkahnya itu kadang bikin snewen ajah. karena ya itu, dia udah punya mau. hehehe. klo ga diturutin bisa2 nangis mulu deh. jadilah hari itu si rai nangis mulu gara2 emaknya ini kadang galak nggak ngebolehin. contoh, raihana maunya makan sambil nuang2in segala isi mangkoknya ke gelas minumnya. atau mau ikutan nyendokin sayur langsung dari pancinya. yang kebayang ama aku ya berantakannya itu. huhuhu. padahal ga boleh ya dilarang2 anak mo ngapa2in... sampe2, karena aku nggak tahan, aku mewek deh. duh, malu2in ajah.

jadi emak itu emang ga mudah.

di tengah kekisruhan suasana, ternyata raihana menambah kosakata barunya. yang dah lama itu, "apa", "njanjinjuuu", abu2", "caca" (nama tokoh kupu2 di buku), kini nambah kata... "nenen." lucu deh. jadi setiap mau nenen, rai akan bilang nenen sambil narik2 baju dan menarikku ke dalam kamar... hehehe. selanjutnya (sensor ye).

ah, makin lucuuuuuu... deh kamu!

Senin, 02 Februari 2009

usah kau lara sendiri

Kulihat mendung menghalangi pancaran wajahmu
Tak terbiasa kudapati terdiam mendura
Apa gerangan bergemuruh di ruang benakmu
Sekilas galau mata ingin berbagi cerita

Kudatang sahabat bagi jiwa saat bathin merintih
Usah kau lara sendiri masih ada asa tersisa

Letakkanlah tanganmu di atas bahuku
Biar terbagi beban itu dan tegar dirimu
Di depan samar cahya kecil tuk memandu
Tak hilang arah kita berjalan menghadapinya

Sekali sempat kau mengeluh kuatkah bertahan
Satu persatu jalinan kawan berajak menjauh
Kudatang sahabat bagi jiwa saat bathin merintih
Usah kau lara sendiri masih ada asa tersisa

Tak hilang arah kita berjalan menghadapinya
Usah kau simpan lara sendiri

by katon bagaskara

----------------------

lagu ini aku persembahkan untuk seorang sahabatku yang spesial. dia kini tengah berjuang menata lagi hatinya yg hancur berkeping2 akibat sebuah pengkhianatan. seseorang yang dia kira sahabatnya telah menghancurkan jalinan itu dengan cara yang tak terperi. kalau aku menjadi dirinya, tentu aku akan bersikap sama seperti dia.

entah berapa kali dia disakiti. orang yang mengaku sahabatnya itu juga mengaku disakiti olehnya. entahlah mana yang benar. tapi aku yakin, kebenaran itu ada di pihakmu. kamulah yang menjadi korban.. setelah beberapa orang lainnya. kamu bukan satu2nya korban.

coba saja pikirkan, seandainya kesalahan itu ada di dirimu? mengapa orang lain juga merasakan hal yang sama denganmu? orang lain pun merasa diperlakukan sama seperti dia memperlakukan dirimu. keberadaan orang itu baru sebentar tapi sudah memberikan dampak yang begini aneh. sedangkan kita sudah berada lama di sini jauh sebelum orang itu. selama itu, kita baik2 saja.. kita fine, enjoy... benar2 menikmati kebersamaan ini.

lalu orang itu datang menghancurkan semuanya. menghancurkan kebersamaan kita, kebahagiaan kita.

tapi tenang, kamu bukanlah di pihak yang kalah. kamu tetap menang. walo jalan yang kamu pilih seperti mengalah...

tenang... kamu masih akan menjumpai orang2 yang benar2 mencintaimu di luar sana. masih banyak orang yang sayang padamu. termasuk aku.

Rabu, 28 Januari 2009

pagi2 dah snewen

bener2 deh hari ini aku dah snewen ajah bawaannya. tumben2an si rai bangun siang banget. biasanya kan jam 6 juga dah bangun, kadang malah pas subuh. hari ini, abis subuh doi tidur lagi. anteng banget. satu sisi enak sih. aku dan suami jadi bisa bergegas di pagi hari. tapi kok, dah jam 7 lewat belon bangun2 juga ya? ditunggu sampe setengah lapan... terus sampe jam delapan belon bangun juga. suami dah snewen mau buru2 kerja. si rai masih lelap dalam tidurnya. mau dibangunin, kasian juga takut rewel malah. ya kyk kita aja klo tidur belon pol dah dibangunin bakalan uring2an kan?

suamiku dah minta izin aja berangkat kerja. daku nggak relaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa... masalahnya, aku bakalan berangkat sendirian ke ruamh nenek raihana. abis itu ke kantor sendirian pulak. cape deeeh... kebayang deh letihnya perjalanan (iya nih, akhir2 ini aku gampang banget capek klo jalan jauh, padahal dulu mah jagoannya jalan jauh. dah berumur kali ya? hehe).

aku misuh2 deh. maap kan daku ya suamiku... bukannya daku menyulitkanmu. tapi sekali2 telat gapapa dong.... tungguin raihana bangun, anterin aku ke kantor... kan juga jadi irit ga nambah ongkos.... begitu maksudnya bukan karena apa2... maap klo aku bikin kamu kesel....

trus sampe kantor... bukannya enak suasana... eh, nambah....

nggak habis pikir aja. kok ada ya orang yg kayak gitu? bisa2nye deh aaaaaah....

gini ya, cobalah untuk dewasa. jangan berlindung di ketek emak aja ahhhh....

Kamis, 08 Januari 2009

bangun tidur....

bangun tidur ku teruus maaaaeeeen...
tak lupa makan duluuuuuuuuuu...
abis itu lalu mandi
siap2 ke rumah mbaaaah.....

begitulah lagu kebangsaan raihana tiap pagiiii

langsung maeeeen... ini dia kotak maenannya raihana!

dah ga mau disuapin...

siap2 ke rumah mbaaaaah!

Rabu, 07 Januari 2009

yuks nyuci bajuuuuuu…


Selama nikah, bisa diitung deh berapa kali aku nyuci baju level keluarga (ups, buka kartu deh. hihihi). Biasanya tuh baju ditumpuk dan bru dicuci seminggu sekali. Bisa dibayangkan betapa banyaknya! Tetangga suka komentar ketika kami lagi jemurin pakaian, “panen baju ya!” hehehe. Abis berderet2 dan banyak banget begitu!

Ya itulah risiko jadi ortu kantoran. Aku dan suami semua pergi kerja di pagi hari. Pulang dah capek. Jadilah jadwal nyuci Cuma ada di saat wiken. Itu juga yg jadi alas an kenapa kami jarang pergi wiken. Kerjaan rumah menumpuk booo….

Dan satu lagi rahasia yang ingin aku ceritain (wiiih… malu banget deh!). yang dapet jatah nyuci di akhir pecan itu ya suamiku. Hehehe. Secara dia sabtu selalu libur, sedang aku sabtu kadang masih masuk kerja, hari itu pun didedikasikan oleh suamiku untuk nyuci. Agenda utamanya adalah NYUCI! Daku seringnya sedang repot jagain raihana. Maen sama raihana juga lumayan menyita perhatian. Susah buat disambi sambil nyuci. Takut raihana keplesetlah.. jatohlah.. kejeduklaah… jadi deh aku bodyguard raihana. Alasannya ya tu anak masih dalam taraf memperlancar jalannya. Masih suka lupa ngerem, masih suka nggak ngeh sama sekeliling, asik aja ngepot ke mana-mana, suka meraih apa pun untuk memenuhi rasa penasarannya.

Kalau liat cucian tetangga sih emang dikit2 karena mereka nyuci tiap hari. Aku suka memperhatikan kuantitas cucian tetangga. Kayaknya enak juga ya dicicil tiap hari. Bagi waktunya gimana yah? Musti bangun lebih pagi lagi? Hhhmm… biar suamiku juga ga capek2 amat.

Akhirnya, dengan niat baja… aku coba memulainya sejak senin lalu. Hasilnya? Lumayaaaaan…. Cucian tak pernah menumpuk. Sekali cuci juga ga banyak2 amat. Yang nggak enaknya sih Cuma satu. Tiap pagi aku nambah kerjaan lagi. Otomatis, jadi agak telat ke kantor… capeknya nambah.

Yah, sudah risiko….

Aku coba selama sebulan. Nanti dievaluasai lagi deh. Hehehe.
gambar dari sini

Selasa, 06 Januari 2009

akhirnyuaaa

setelah mutung karena gagal mulu mo ganti template.. akhirnya hari ini bisa terselesaikan! yg bikin males itu klo ganti pemplate ya itu... mindahin data-data sidebarnya! musti dari awal.. dari mula lagi.

akankah ini berganti lagi??? kita lihat saja nanti!