Senin, 07 Agustus 2006

balapan paling seru di budapest!

ini adalah balapan paling seru yang pernah aku liat sepanjang seri formula satu. seru karena banyak sekali kejutan-kejutan, penuh emosional, dan tragedi-tragedi memilukan buat pembalap-pembalap unggulan. balapan dimulai pada kondisi gerimis, trek basah. Alonso, jagoan aye, berada di star no 15 karena mendapat hukuman 2 detik waktu sesi latihan. schumy juga mendapatkan hukuman 2 detik hingga menempati urutan 11.

serunya balapan dimulai sejak start berlangsung. aksi overtacking susul menyusul. Ferrari melaju dengan kecepatan yang lambat. mungkin karena faktor ban yang kurang mendukung. Alonso melaju dengan kencang, bahkan sempat menyusul schumy dua kali. Kimi kali ini mendapatkan kesempatan bagus karena mobilnya seperti terbang di urutan pertama.

tragedi pertama terjadi, tatkala Kimi menabrak Liuzzi dari belakang. Liuzzi mendapatkan masalah teknis sehingga ia harus melambat di tikungan itu. namun malang buat Kimi yang berada di belakangnya. Ia pun melayang terbang setelah terbentur sayap belakang Liuzzi dan mendarat pasrah di pinggir lintasan dengan kondisi mobil yang porak poranda.

Si ganteng, Fisichella, lagi-lagi nyusur keluar karena nggak sempet ngerem kali akibat trek yang licin. Kandaslah sudah buat Renault untuk menambah poin dari dia. tumpuan hanya ada di Alonso. Alonso sempat mendapatkan tekanan dari Button, tapi akhirnya bisa melepaskan diri setelah button masuk pitt stop. tapi dia tak bisa menjaga jarak lebih jauh. Bannya masih ban basah. padahal trek sudah mulai mengering. di putaran 52, impian Alonso menjuarai balapan kali ini kandas. gara-gara emur bannya nggak kenceng dan lepas, dia jadi kehilangan kendali. mobilnya pun nyusruk. Habislah harapan Alonso menjaga jarak poin yang jauh dari schumi. dia tidak mendapat poin satu pun.

schumi bersorak gembira. musuh-musuhnya satu per satu "tewas." dengan pede dia menggeber abis mobilnya. aksi salip-salipan dengan de la rosa seru banget! tapi pertarungan itu dimenangkan de la rosa. Ketika balapan tinggal 3 kali puteran, mobil schumy tiba-tiba melambat dan akhirnya masuk kandang karena nggak bisa meneruskan lagi balapan. dan yang melaju di depan tinggallah... BUTTON! dialah yang akhirnya memenangkan balapan ini. Poin penuh pertama pun di dapat di sini. Juga buat Honda setelah penantian yang panjang! De la rosa, pembalap debutan dari McLaren, berhasil menyumbangkan poin cukup banyak buat McLaren setelah hampir frustasi ketika Kimi terlempar. dan yang ketiga, Hiedfeld dari BMW!

sebuah balapan yang tragis dan memberikan keberuntungan buat mereka yang selama ini kurang beruntung. Mungkin Alonso atau schumy terlalu bernafsu untuk menjadi juara di sini sehingga mereka seperti memaksa mobil mereka melaju. jarak Alonso dan Schumy pun tidak beranjak. selisih 10 poin. bahaya untuk Alonso!

tak sabar menunggu balapan selanjutnya yang pasti... SERU!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar