Kamis, 17 Mei 2007

memasuki fase heboh

berdasarkan itungan pak dokter lalu, usia kandunganku udah masuk ke minggu ke-9, lebih dua hari. aku belum ke dokter lagi buat periksa (dolarnya blm ada). mungkin minggu2 depan. vitamin folamilnya dah abis sih. kira2 bisa dibeli bebas nggak ya?

di usia kehamilanku yang memasuki bulan ketiga ini, aku semakin merasakan hal-hal aneh.


1. yang tadinya doyan makan, jadi turun nafsu makannya. nggak heran waktu nimbang BB kemaren turun setengah kilo.

2. rasanya eneg banget. klo batuk, langsung deh memicu muntah. enegnya ini nggak cuma sebentar, tapi seharian. kata temen sih bilangnya paling cuma dirasakan waktu hamil bulan kedua sampe ketiga. setelah itu nafsu makan akan pulih lagi bahkan makin gila. tapi yang namanya eneg sehari aja udah nggak karuan. bawaannya uring2an dan pusing. suka nggak jelas antara laper dan eneg.

3. penciumanku jadi tajem and aneh banget. bau segala masakan udah bikin aku pusing, bau sabun colek juga bikin pusing. untung aja klo nyium sabun mandi nggak papa. bisa2 nggak bisa mandi nanti klo ikutan aneh. bau dapur bikin aku pusing. karena itu, sekarang yg jatah masak ama cuci piring itu si abang aja deh. aku masih blm bisa.

4. makanan yang tadinya aku suka jadi nggak doyan sama sekali. tiba2 aja semua menjadi beraroma aneh, bikin mual, bahkan sampe aku muntah2 klo mencium masakan itu. jadi, makanan yang aman buatku itu buah-buahan. sate padang juga aku suka banget. walo terkadang tercium bau yg aneh, rasa pedas dan hangatnya bikin nggak eneg.

5. aku sebenernya pengen banget makan mie ayam sering2, tapi nggak bisa. makanan kurang sehat untuk si baby... hiks.

jumat minggu lalu, aku sempat terserang demam selama tiga hari. baru hilang demamnya di hari seninnya. saat itu aku nggak bisa langsung ke bidan karena aku pikir bisa aku atasi sendiri. aku berharap si baby sehat2 aja ya. jadi anak yg kuat dan sabar. sekarang mau periksa juga sepertinya belum bisa. nunggu dana tambahan dulu nih.

sekarang aku agak batuk2. udah mendingan sih. awalnya waktu batuk sakit sekali. perutku seperti tertarik. sekarang lagi terapi minum daun kapuk untuk membersihkan paru-paruku dari segala kotoran.

semua fase ini aku nikmati sebagai pernak-pernik menjadi calon ibu. semoga anakku kuat dan sabar menjalani segala keterbatasan ini. amien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar