Senin, 10 Agustus 2009

[indesign] menduakan corel...

setelah bertahun2 melayout buku2 anak dengan corel.. kini akhirnya daku berpaling hati ke indesign. corel tak lagi kugunakan untuk melayout buku2 anak yang biasanya fullcolor. i am sorry ye corel... i have to say goodbye for you! hiks hiks...

biasanya indesign aku gunakan untuk melayout buku umum saja. buku yang tebal dan biasanya hanya BW ajah. tapi di awal tahun ini aku cobe bereksperimen mengerjakan layout buku anak di indesign... hasilnya: what a wonderfull experience! ternyata lebih mudah dan gampaaaang banget... huhuhu! kenapa nggak dari dulu aje yeee!!!! jadi aku nggak perlu mengeluh lamanya buka file karena beratnya file akibat import-an gambar2 yang kebanyakan berbentuk psd. asal tau saja, import gambar dengan bentuk psd itu bikin lemot file corel. makin banyak gambar yg diimport makin lemoooot.. apalagi klo spek komputer yang digunakan kurang mendukung. alamat buka file or setiap ngerjain satu step nunggunya bakalan bisa sambil tidur or mandi kale...

kelebihan utama bikin layout buku full gambar di indesign:

  1. ukuran file nggak begitu gede walo gambarnya seabreg2. tapi ada sih yg bikin berat. klo bentuknya tiff. itu kadang suka bikin berat. kalo yg lain jarang bikin berat file.
  2. bikin nomor halaman bisa otomatis. tidak seperti corel yg musti manual semua yg bikin jari keriput.
  3. bikin montasan juga bisa otomatis.
  4. bisa bikin paragraph styles.
  5. bisa bikin master page
  6. bisa dibikin pdf yg lebih ringan. cepet lagi nggak lama kayak corel.
  7. jarang eror like corel ARM yang bikin bete....
  8. kesamaannya bisa dipackage kayak di corel. tapi kelebihan indi: nggak cuma font yang ngikut. semua link gambar juga bs ngikut otomastis.
  9. waktu pengerjaan lebih singkat.
  10. dan kemudahan2 lainnya....
sekadar catatan ajah. pengerjaan di corel akan lebih efektif klo semua unsur di dalamnya hanyalah vektor. so... i lop yu full indi!

1 komentar:

  1. Besok lagi menduakan dengan inkscape di linux pak. Siapa tahu lebih mudah lagi

    BalasHapus