Kamis, 22 Desember 2011

baju bersulam "WTARI" di dada

gara-gara ada kuis di twitter tentang kisah yang paling berkesan dengan ibu dari kecil hingga sekarang, aku jadi teringat-ingat satu peristiwa penting yang paling berkesan.


waktu itu aku masih sekolah di TK. baru belajar menulis huruf. suatu hari, ibu membuatkan baju dengan sulaman huruf WTARI di dada sebagai tanda baju itu milikku (jahit sendiri dan disulam sendiri, loh). 


aku senang sekali waktu itu. dan aku menganggap tulisan inilah namaku karena yang aku tahu, namaku tari. 


dari sulaman itu aku belajar menulis namaku sendiri. 


suatu hari, di sekolah aku diminta bu guru menuliskan nama sendiri ke papan tulis. tentu saja aku berani karena aku sudah mengetahui namaku.


di papan tulis pun aku tulis: WTARI. 


bu guru hanya tersenyum-senyum dan bertanya padaku untuk menegaskan, "benar, ini namamu, nak?"


"Iya," anggukku yakin sekali.


"Bagus, Ibu senang kamu sudah bisa menulis sendiri namamu."


aku pun dipersilakan duduk kembali.


-----


belakangan, aku baru tahu kalau namaku bukan wtari saja. tapi woro lestari. aku terkesan pada guruku yang tidak menyalahkan aku. dan yang lebih lagi, aku berterima kasih pada ibu yang sudah membuatkan aku baju lucu itu. tanpa sulaman itu, aku tidak akan pernah belajar menulis namaku yang sebenarnya.


terima kasih, bu
#hari ibu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar