Selasa, 24 Juni 2008

mau nikah kok susah

bukan susah sih... tapi, begini ceritanya....

ada kisah tentang penyomblangan. si lelaki kita sebut aja si A. yang cewek si B. yang nyomblangin si C.

si C minta tolong suamiku untuk menjadi guru mengaji si A karena si B yang mau dijodohin itu sudah ikut pengajian. si A belum ikut pengajian.

ada sebuah kesepakatan bersama, kalau ketika seseorang yang sudah berada dalam satu jamaah hendaknya menikah dengan orang yang satu jamaah juga. dengan alasan: demi kelangsungan dakwah dan demi terus mengalirnya nilai-nilai dakwah itu sendiri di lingkup keluarga.

alasan yang dapat diterima.

tatkala ada seseorang di dalam jamaah itu hendak menikah dengan orang di luar jamaah, itu harus diupayakan agar semuanya bisa menjadi satu di dalamnya. dengan konsekuensi harus mengajak orang yang di luar untuk masuk juga. tujuannya agar biduk yang dikayuh memiliki tujuan yang sama.

alasan yang dapat diterima.

namun, yang jadi pertanyaan, kapan sebaiknya ajakan itu dilakukan? sebelum menikah atau sesudah menikah?

awalnya, aku berpikir klo bisa sebelum menikah, mengapa tidak dilakukan saat itu juga? tapi ternyata suamiku punya pikiran lain.

kalau ada seseorang yang ingin menikah dengan orang di luar jamaahnya, maka sebaiknya dilangsungkan dulu pernikahan itu, barulah diajak bersama2 mengikuti setiap aturan yang ada. gimana kalau ada penolakan? dari awal harus sudah ada komitmen itu. kalo mau nikah ya harus punya komitmen itu. kalo tidak mau ya jangan menikah.

bahayanya kalau masuk dulu ke dalam, niatnya menjadi rancu.

maksudnya?

begini, kalau mau benar2 menjalankan apa yang sudah disepakati, si B seharusnya mencari orang yang memang sudah berada di dalam jamaah. untuk apa mencari yang di luar?

lah, kalo memang jodohnya begitu? ya sudah langsung nikah saja. kalaupun bila masuk sebelum menikah, itu harus tanpa komitmen menikah dulu. maksudnya ya ngaji saja dulu... nikahnya nanti2 saja klo sudah mantap. komitmen menikah ditiadakan dulu agar niat itu nggak campur aduk.

nah,klo si A udah ikut ngaji dan emang jodoh dengan si B, insyaAllah akan ketemu juga sesuai dengan jalurnya. kalo nggak jodoh, masing2 akan mendapatkan penggantinya yang lebih baik.

lagipula kasihan guru ngaji si A, belum kenal belum apa, udah harus berhadapan dengan guru ngaji si B. dan ikut bertanggung jawab terhadap si A bila suatu hari nanti ada persoalan2. pertanggungjawaban di akhirat berat.

hhhmm... begitu ya.

bingung ga? hehehe. maklum deh, hanya tumpahan isi kepalaku saja....

1 komentar:

  1. bingung..?!?!gak juga...coz ana juga pernah menjadi salah satu tumpahan curhat seorang sahabat yang memiliki persoalan persis seperti yg anda posting...

    hhh...itu memang masalah yang sering melanda saudara2 kita...

    tapi...itu masih blm seberapa susah...masih antara siA yg blm ngaji n siB yg dah ngaji...
    gmn kl antara siA dan siB yg dah sama2 ngaji n kuat...tapi beda jamaah....huaahhhh...lebih susah n ruwet kaann?!?!?! :) anda ada pengalaman spt itu?!?! kl ada kpn2 posting y...:)

    Salam kenal...

    BalasHapus