Selasa, 07 Oktober 2008

menghadapi anak 10 bulan ^.^

hahaha! kata suamiku, aku memang lebih cocok jadi ibu bekerja aja daripada jadi ibu rumahan. gimana nggak. selama seminggu lebih bersama raihana... kerjaannya ngeluuuuuh mulu. huuuu... bukan ngeluh biii... tapi curhaaaaat!

mungkin aku memang lagi adaptasi nih dengan jabatan baru sebagai ibu. ternyata bener2 menuntut kesabaran yang ruaaaarrr biasa! aku yang emang dasarnya nggak sabaran, kini mendapat latihan berat untuk bersabar. bersabar dalam artian tenang, tidak cepat emosian dalam menghadapi suatu situasi yang kurang menyenangkan ya. bukan dalam arti yang lain.

iya aku mengakui deh kurang sabar dalam hal ini. maunya segalanya cepat selesai. tapi ya mohon dipahami aja ya... coba deh tanya ke semua ibu2... pasti pernah kan merasakan udah capek, pegel... menghadapi anak yang juga nggak sabaran (kayaknya nurunin siapa ya?), rumah berantakan, perut keroncongan... pasti deh, emosi cepat meninggi. nggak perlu nunggu lama. hehehe.

gimana musti sabar, setiap benda selalu ditanya. apa, apa? itu yang sering rai ucapkan. emaknya ini berusaha sabar menjawabnya. kadang satu benda ditanya sampe lebih dari 5 kali... ya nak... umi selalu jawab kok pertanyaan kamu.

rai sering banget menyodorkan buku yang sama kepadaku, minta dibacakan. kebetulan di rumah baru punya 2 buku tebal yang anti lecek. ganti2an rai nyodorin ke aku. yang penting aku jawab aja baru deh puas. setiap mau tidur or bangun tidur, selalu deh rai mengabsen semua benda di sekitarnya. seneng banget sih. tapi klo ditanya berulang2 ya bosen juga si emak. eit, jangan bosen gitu ah! demi anaaak!

anak seusai itu memang belum paham aktivitas2 berbahaya. sofa di rumah dah abis dijadikan ajang manjat memanjat... turunnya itu yang nyeremin. manjat dah jago, tapi turunnya masih belon jago. emaknya udah ngajarin sih gimana cara turun yang aman dan efektif. tapi ya namanya masih bayi, suka lupa kali yee... rai juga duduknya suka nggak liat2 sekeliling. sering kejedot deh tuh jidat karena sering duduk mepet ama tembok or meja or lemari.

emaknya meleng sedikit, tau2nya udah merangkak keluar rumah. belum lagi kalo pipis, selalu deh dijadikan ajang berenang. mangkanya si emak nggak boleh meleng. harus segera ngepel bekas pipis and ganti celananya yang basah, takut si rai kepleset.

atau, ketika mau makan, maunya dah makan sendiri aja. nggak mau disuapin. mangkok sisa bubur selalu diminta buat dijadikan maenan. klo masih ada buburnya, dibalurin ke seluruh tubuh dan lantai di sekitarnya. mau minum juga syusyah banget. maunya minum sendiri. hasilnya, genangan air berada di mana2. emaknya musti bolak-balik ngepel en ngengantiin bajunya. belum lagi kalau mandi. susaaaah banget ngangkat dia biar keluar dari bak mandi. dibujuk pelan2 nggak mau. akhirnya keseringan dengan sedikit paksaan. alhasil, keluarlah teriakan kencangnya.

pernah, suatu saat raihana lagi asyik maen di ruang tamu. aku nggak tau kalau ada sisa bungkusan kue cokelat di lantai. pas aku liat, rai udah asyik menjilati sisa bungkusan itu. waduuuw, langsung deh daku panik. menarik paksa bungkusan itu. hasilnya, tangisannya menggema sampai2 tetangga pada dateng, mengira rai jatoh atau kenapa2. padahal mah karena ngambek ke aku aja.

iya deh, aku juga salah. aku nggak boleh narik paksa apa2 yang ada di genggamannya. harus lemah lembut kata si abi... aduh, bi... plis deh. hihihi. okeh, aku belajar pelan2 sejak itu. tapi beneran deh jadi lemah lembut itu menggemaskaaaaaan banget. hehehe. tenang... tenang... ambil napas dalem2. cool... cool.... anak klo dikasari malah makin jadi. ntar juga nggak bagus perkembangan jiwanya.

hiks hiks... maap ya nak. umi nggak gitu2 lagi deh. musti pake 1001 akal ya buat ngalihin sesuatu yang kamu belum paham bahayanya.

tapi umi bahagiaaaaa sekali setiap melihat senyum tawamu... melihat aksimu berdoa (udah bisa berdoa loh raihana!), udah bisa ngikutin kukuruyuk ayam... ngomong lamphhruuu (sambil nembur), nurut kalo umi suruh bobo. rai juga dah hapal mana sepatunya. setiap melihat sepatunya dia pasti nunjuk2 sepatu itu minta dipakaikan. lalu kalo udah pakai sepatu, dia akan meraih tangan uminya minta ditatah jalan. udah bisa loh raihana jalan kaki keliling kompleks kontrakan. ketika liat ada ayam ato kucing lewat dia akan berhenti, lalu tangannya akan mengacung2 seperti kita klo manggil ayam gitu... kerrr.. keer.... atau sibuk mencari2 ke langit2 rumah ketika kita bilang mana cicak!

kemarin seharian rai latihan memasukkan benda2 kecil ke dalam wadah yang besar. benda2 kecilnya bisa apa aja: sendok, remote, CD, yang ada di rumah deh diberdayakan. wadah besarnya ya baskom,mangkok, toples. sukses beberapa kali walo sering gagal juga. tapi nggak papa ya rai, namanya juga belajar.

waah, seminggu bersama rai FULLDAY! nano-nano rasanya!

tapi, bi... apa bener umi nggak cocok jadi ibu rumahan? umi akan belajar terus biar bisa jadi ibu yang okeh buat semuanya! maap deh klo masih ada yng bolong2 di sana-sini. dukung umi terus ya, biii!

raihana! tunggu umi yaa...

1 komentar:

  1. salam kenal,
    baca postingannya ini jd ngebayangin my lil' princess gianina di rumah, umurnya skrg 10bln 2mg, dibanding raihana (ga maksud banding2in hehe...), rai nampak lebih cerdas dan lebih pintar drpd gian. mgkn krn rai diasuh oleh umi-nya yg rela mjd FTM demi perkembangan rai...
    selamat berjuang mdj umi yg terbaik utk rai :)

    BalasHapus